--- Soal No 1 ---
Susi mengurutkan bilangan asli terkecil ke terbesar kelipatan 2 dan Wati mengurutkan bilangan asli terkecil ke terbesar kelipatan 3. Jumlah bilangan Susi urutan ke 25 dan bilangan Wati urutan ke 20 adalah ....
A. 100
B. 110
C. 115
D. 125
A. 100
B. 110
C. 115
D. 125
Kunci : D. 125
Petunjuk !
1. bilangan berkelipatan dapat disajikan dalam bentuk umum dimana kelipatan 2 dapat disajikan dalam bentuk 2n, dan kelipatan 3 dalam bentuk 3n
2. untuk menemukan bilangan urutan tertentu maka nilai n hanya perlu diganti dengan urutan yang diinginkan, misalnya yang diinginkan adalah bilangan urutan ke 25, maka gantilah nilai n pada point 1 dengan 25.
3. melalui kedua langkah diatas, maka soal dapat diselesaikan.
4. Jika kurang jelas silahkan lihat video pembahasan di Pembahasan Soal OSN SD Tahun 2024 No 1
Petunjuk !
1. bilangan berkelipatan dapat disajikan dalam bentuk umum dimana kelipatan 2 dapat disajikan dalam bentuk 2n, dan kelipatan 3 dalam bentuk 3n
2. untuk menemukan bilangan urutan tertentu maka nilai n hanya perlu diganti dengan urutan yang diinginkan, misalnya yang diinginkan adalah bilangan urutan ke 25, maka gantilah nilai n pada point 1 dengan 25.
3. melalui kedua langkah diatas, maka soal dapat diselesaikan.
4. Jika kurang jelas silahkan lihat video pembahasan di Pembahasan Soal OSN SD Tahun 2024 No 1
--- Soal No 2 ---
perhatikan pola gambar gambar berikut
pola yang akan tampak pada gambar urutan ke 100 ... .
A.
B.
C.
D.
A.

B.

C.

D.

Kunci : B. 
Petunjuk !
1. perhatikan pola gambar yang ada pada soal dimana pola gambarnya berulang setiap 7 kali ( kembali berulang dari awal )
2. sehingga pada urutan ke 8, ke 15 dan seterusnya pasti akan muncul gambar kotak. Sehingga untuk menemukan urutan ke 100 kita perlu membagi 100 dengan banyak perulanganya sehingga ditemukan sisa pembagiannya ( misal ambil 7 : 2 = 3 bersisa 1, karena 3 \times 2+1=7 )
3. melalui langkah kedua akan ditemukan sisa baginya, maka urutan ke hasil sisa baginya adalah gambar di urutan ke 100

Petunjuk !
1. perhatikan pola gambar yang ada pada soal dimana pola gambarnya berulang setiap 7 kali ( kembali berulang dari awal )
2. sehingga pada urutan ke 8, ke 15 dan seterusnya pasti akan muncul gambar kotak. Sehingga untuk menemukan urutan ke 100 kita perlu membagi 100 dengan banyak perulanganya sehingga ditemukan sisa pembagiannya ( misal ambil 7 : 2 = 3 bersisa 1, karena 3 \times 2+1=7 )
3. melalui langkah kedua akan ditemukan sisa baginya, maka urutan ke hasil sisa baginya adalah gambar di urutan ke 100
--- Soal No 3 ---
Bilangan ratusan x dan y dimana x = apc dan y = aqc memenuhi sifat-sifat x – y = 50 dan p + q = 11. Hasil dari p × q = ....
A. 24
B. 28
C. 30
D. 50
A. 24
B. 28
C. 30
D. 50
Kunci : A. 24
Petunjuk !
1. jika diperhatikan di informasi yang diberikan dimana x – y = 50 maka dari sini akan diperoleh bahwa nilai c akan bebas berapapun boleh, begitupula untuk nilai a. yang jadi masalah adalah menemukan ilai p dan q
2. untuk menemukan nilai p dan q kita akan gunakan informasi p + q = 11, dimana kita harus menemukan nilai ap-aq=5 sehingga melalui pernyataan ini bisa ditemukan p dan q yang dijumlahkan hasilnya 11 dan selisihnya 5
3. kalikan kedua bilangan yang diperoleh.
Petunjuk !
1. jika diperhatikan di informasi yang diberikan dimana x – y = 50 maka dari sini akan diperoleh bahwa nilai c akan bebas berapapun boleh, begitupula untuk nilai a. yang jadi masalah adalah menemukan ilai p dan q
2. untuk menemukan nilai p dan q kita akan gunakan informasi p + q = 11, dimana kita harus menemukan nilai ap-aq=5 sehingga melalui pernyataan ini bisa ditemukan p dan q yang dijumlahkan hasilnya 11 dan selisihnya 5
3. kalikan kedua bilangan yang diperoleh.
--- Soal No 4 ---
Andi mengurutkan bilangan bulat yang bukan prima atau bukan kelipatan 5, dimulai dari besar ke kecil. Jika urutan ke-10 bilangan yang dituliskan oleh Andi adalah 102, maka urutan ke-21 adalah ....
A. 83
B. 84
C. 86
D. 87
A. 83
B. 84
C. 86
D. 87
Kunci : B. 84
Petunjuk !
1. ingatlah apa itu bilangan prima, dimana bilangan prima adalah bilangan yang dapat dibagi dengan 1 dan dirinya sendiri. Misal 5 adalah prima karena bisa dibagi 5 dan 1, kemudian 10 bukan bilangan prima karena 10 dapat dibagi oleh 1,2,5,10.
2. urutkan bilangan 102,99,98...
3. maka bilangan urutan ke 21 dapat ditemukan.
Petunjuk !
1. ingatlah apa itu bilangan prima, dimana bilangan prima adalah bilangan yang dapat dibagi dengan 1 dan dirinya sendiri. Misal 5 adalah prima karena bisa dibagi 5 dan 1, kemudian 10 bukan bilangan prima karena 10 dapat dibagi oleh 1,2,5,10.
2. urutkan bilangan 102,99,98...
3. maka bilangan urutan ke 21 dapat ditemukan.
--- Soal No 5 ---
jika \frac{1}{4}.\frac{1}{q}-\frac{1}{4}-\frac{1}{q}=\frac{13}{2} maka berapakah nilai q yang memenuhi ...
A. -9
B. -\frac{1}{9}
C. \frac{1}{9}
D. 9
A. -9
B. -\frac{1}{9}
C. \frac{1}{9}
D. 9
Kunci : B. -\frac{1}{9}
Petunjuk !
1. hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengoperasikan bentuk pecahan di sebelah kiri dengan cara menyamakan penyebut.
2. setelah penebut sama, maka lakukan kali silang antara ruas kanan dan ruas kirinya.
3. kemudian kumpulkan nilai q di sebelah kanan dan sisanya disebelah kiri
4. melalui langkah 3, maka nilai q dapat ditemukan
Petunjuk !
1. hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengoperasikan bentuk pecahan di sebelah kiri dengan cara menyamakan penyebut.
2. setelah penebut sama, maka lakukan kali silang antara ruas kanan dan ruas kirinya.
3. kemudian kumpulkan nilai q di sebelah kanan dan sisanya disebelah kiri
4. melalui langkah 3, maka nilai q dapat ditemukan
--- Soal No 6 ---
Jika a dan b bilangan bulat positif yang memenuhi a^2 − b^2 = 6^3, maka nilai berikut yang bukan merupakan hasil dari a × b adalah ....
A. 45
B. 135
C. 315
D. 2915
A. 45
B. 135
C. 315
D. 2915
Kunci : B. 135
Petunjuk !
1. ubahlah bentuk pangkat disebelah kanannya menggunakan sifat aljabar yang berbentuk a^2 − b^2=(a+b)(a-b)
2. maka akan ditemukan sebuah persamaan (a+b)(a-b)=216
3. temukan nilai dua buah bilangan yang hasil kalinya adalah 216, kemudian ambil nilai a dan b yang memenuhi persamaan pada sifat yang kedua
4. jika sudah belajar Teknik Eliminasi dan substitusi, maka gunakan teknik tersebut untuk menemukan nilai a dan b
Petunjuk !
1. ubahlah bentuk pangkat disebelah kanannya menggunakan sifat aljabar yang berbentuk a^2 − b^2=(a+b)(a-b)
2. maka akan ditemukan sebuah persamaan (a+b)(a-b)=216
3. temukan nilai dua buah bilangan yang hasil kalinya adalah 216, kemudian ambil nilai a dan b yang memenuhi persamaan pada sifat yang kedua
4. jika sudah belajar Teknik Eliminasi dan substitusi, maka gunakan teknik tersebut untuk menemukan nilai a dan b
--- Soal No 7 ---
Tiga bilangan x, y, z merupakan tiga bilangan kelipatan n berurutan (contoh: 6, 8, 10 merupakan bilangan kelipatan 2 berurutan). Jumlah tiga bilangan tersebut adalah 27 dan perkalian bilangan terkecil dan terbesarnya adalah 72. Selisih bilangan terbesar dan terkecil adalah ....
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
A. 2
B. 4
C. 6
D. 8
Kunci : C. 6
Petunjuk !
1. sesuai dengan informasi di soal akan diperoleh beberapa persamaan yaitu x+y+z=27 dan x.z=72 dengan asumsi X adalah bilangan terkecil dan z adalah bilangan terbesar.
2. tiga bilangan berkelipatan akan memiliki nilai beda yang sama, maka jika kegitga bilangan diurutkan menjadi x, y, z maka selieish antara y dan x dengan z dengan y akan memiliki nilai yang sama. Melalui langkah ini akan ditemukan nilai x+z dalam y
3. substutisi persamaan di langkah 2 ke lankah 1 (x+y+z=27), maka dari langkah ini akan ditemukan nilai y
4. jika nilai y ada maka nilai x dan z pasti dapat ditemukan.
Petunjuk !
1. sesuai dengan informasi di soal akan diperoleh beberapa persamaan yaitu x+y+z=27 dan x.z=72 dengan asumsi X adalah bilangan terkecil dan z adalah bilangan terbesar.
2. tiga bilangan berkelipatan akan memiliki nilai beda yang sama, maka jika kegitga bilangan diurutkan menjadi x, y, z maka selieish antara y dan x dengan z dengan y akan memiliki nilai yang sama. Melalui langkah ini akan ditemukan nilai x+z dalam y
3. substutisi persamaan di langkah 2 ke lankah 1 (x+y+z=27), maka dari langkah ini akan ditemukan nilai y
4. jika nilai y ada maka nilai x dan z pasti dapat ditemukan.
--- Soal No 8 ---
Diketahui tiga orang sahabat, yaitu Ani, Budi dan Corry. Diantara ketiganya, Ani paling muda dan Corry paling tua. Usia
Ani dan Budi berselisih 1 tahun, sedangkan usia Budi dan Corry berselisih 2 tahun. Empat tahun kemudian jumlah usia
mereka 76 tahun. Jumlah usia Ani dan Corry saat ini adalah ... tahun.
A. 41
B. 42
C. 43
D. 45
A. 41
B. 42
C. 43
D. 45
Kunci : C. 43
Petunjuk !
1. kita harus dapat menemukan bentuk matematika dari cerita yang diberikan di soal, misal di soal diberikan "Usia Ani dan Budi berselisih 1 tahun" maka dapat dibuat bentuk matematika B-A=1, temukan tiga bentuk persamaan yang sesuai dengan informasi di soal
2. jumlahkan dua persamaan yang diperoleh dari selisih umur kemudian eliminasikan dengan persamaan yang diperoleh dari jumlah ketiga umurnya
3. melalui langkah kedua akan ditemukan umur B, jika umur B ada maka umur A dan C akan ada juga.
Petunjuk !
1. kita harus dapat menemukan bentuk matematika dari cerita yang diberikan di soal, misal di soal diberikan "Usia Ani dan Budi berselisih 1 tahun" maka dapat dibuat bentuk matematika B-A=1, temukan tiga bentuk persamaan yang sesuai dengan informasi di soal
2. jumlahkan dua persamaan yang diperoleh dari selisih umur kemudian eliminasikan dengan persamaan yang diperoleh dari jumlah ketiga umurnya
3. melalui langkah kedua akan ditemukan umur B, jika umur B ada maka umur A dan C akan ada juga.
--- Soal No 9 ---
Pak Joni membeli 13 kg keripik pisang seharga Rp 650.000. Keripik pisang dijual kembali dengan harga Rp 15.000 per 250
gram. Keuntungan maksimum yang akan diperoleh Pak Joni adalah ....
A. Rp 100.000
B. Rp 130.000
C. Rp 150.000
D. Rp 180.000
A. Rp 100.000
B. Rp 130.000
C. Rp 150.000
D. Rp 180.000
Kunci : B. Rp 130.000
Petunjuk !
Temukan harga jual total 13 kg kripik yang diberikan kemudian kurangi hasilnya dengan harga belinya. maka akan ditemukan jumlah untuk maksimal yang diperoleh Joni
Petunjuk !
Temukan harga jual total 13 kg kripik yang diberikan kemudian kurangi hasilnya dengan harga belinya. maka akan ditemukan jumlah untuk maksimal yang diperoleh Joni
--- Soal No 10 ---
Naomi, Tori, dan Eksa sedang memainkan suatu permainan dalam 10 babak. Juara ke-1, ke-2, dan ke-3 pada setiap babak
akan mendapatkan poin berturut-turut sebesar 5 poin, 3 poin, dan 0 poin. Dari seluruh babak, Naomi memperoleh total poin
28. Berapa kali paling sedikit Naomi menjadi juara ke-3 dari seluruh babak permainan?
A. 4 kali
B. 3 kali
C. 2 kali
D. 1 kali
A. 4 kali
B. 3 kali
C. 2 kali
D. 1 kali
Kunci : C. 2 kali
Petunjuk !
1. perhatikan point juara 1 dan juara 2 yaitu memiliki jumlah 8 dan selisih 2. Maka dari infoemasi ini cobalah memperkirakan kombinasi juara 1 yang mungkin dan agar lebih mudah maka coba hitung dari kemungkinan ia mendapat juara 1 satu kali hingga 5 kali.
2. dari langkah 1 akan ditemukan sebuah nilai yang mengakibatkan dengan point 28 serta juara 3 yang paling sedikit
Petunjuk !
1. perhatikan point juara 1 dan juara 2 yaitu memiliki jumlah 8 dan selisih 2. Maka dari infoemasi ini cobalah memperkirakan kombinasi juara 1 yang mungkin dan agar lebih mudah maka coba hitung dari kemungkinan ia mendapat juara 1 satu kali hingga 5 kali.
2. dari langkah 1 akan ditemukan sebuah nilai yang mengakibatkan dengan point 28 serta juara 3 yang paling sedikit
--- Soal No 11 ---
Hasil operasi dari ((0,4)^6 \times 25^3) + ((0,5)^4 \times 16^3) adalah ....
A. 320
B. 312
C. 296
D. 272
A. 320
B. 312
C. 296
D. 272
Kunci : A. 320
Petunjuk !
1. ubah bentuk desimal di soal menjadi bentuk pecahan kemudian bentuk pangkat jangan dikalikan dulu namun ditulis bilangan yang dipangkatkan sebanyak pangkatnya.
2. setelah semua diubah sesuai langkah 1, sederhanakan bentuk yang dapat disederhanakan dan langsung temukan hasilnya.
Petunjuk !
1. ubah bentuk desimal di soal menjadi bentuk pecahan kemudian bentuk pangkat jangan dikalikan dulu namun ditulis bilangan yang dipangkatkan sebanyak pangkatnya.
2. setelah semua diubah sesuai langkah 1, sederhanakan bentuk yang dapat disederhanakan dan langsung temukan hasilnya.
--- Soal No 12 ---
Diketahui \frac{3}{4}+\frac{7}{253}=\frac{a}{2024} maka niali a yang mungkin adalah ... .
A. 787
B. 1012
C. 1574
D. 1724
A. 787
B. 1012
C. 1574
D. 1724
Kunci : A. 787
Petunjuk !
Samakan penyebut pecahan diseblah kiri kemudian nilai a diperoleh dengan menyamakan posisi pecaham disebalah kanan dan kirinya.
Petunjuk !
Samakan penyebut pecahan diseblah kiri kemudian nilai a diperoleh dengan menyamakan posisi pecaham disebalah kanan dan kirinya.
--- Soal No 13 ---
Azizah akan mengoperasikan suatu bilangan dengan operasi-operasi berikut: ditambah 2, dibagi 6, dibagi 5, dikurang 3 dan
dikali 2. Sebagai contoh: Azizah mengoperasikan bilangan 11, untuk mendapatkan hasil akhir 1 dilakukan operasi sebagai berikut:
1) 11 + 2 = 13;
2) 13 – 3 = 10;
3) 10 / 5 = 2;
4) 2 + 2 = 4;
5) 4 – 3 = 1.
Pada contoh tersebut Azizah melakukan sebanyak lima operasi.Jika Azizah mengoperasikan bilangan 122 dan hasil operasi terakhir yang diinginkan adalah 1, maka banyaknya operasi yang paling sedikit dilakukan oleh Azizah adalah ... operasi.
A. 6
B. 7
C. 9
D. 10
1) 11 + 2 = 13;
2) 13 – 3 = 10;
3) 10 / 5 = 2;
4) 2 + 2 = 4;
5) 4 – 3 = 1.
Pada contoh tersebut Azizah melakukan sebanyak lima operasi.Jika Azizah mengoperasikan bilangan 122 dan hasil operasi terakhir yang diinginkan adalah 1, maka banyaknya operasi yang paling sedikit dilakukan oleh Azizah adalah ... operasi.
A. 6
B. 7
C. 9
D. 10
Kunci : A. B. 7
Petunjuk !
1. agar operasinya semakin sedikit maka operasi pembagian harus digunakan semaksimal mungkin. Dalam soal ada bua buah operasi pembagian yaitu pembagian dengan 5 dan 6.
2. jika kita gunakan pembagian 6, maka akan memerlukan operasi penjumlahan, perkalian dan pengurangan yang cukup banyak maka fokuslah membuat angka 122 menjadi angka kelipatan 5. dan yang paling dekat adalah membuatnya menjadi 120/125
3. melalui langkah 3 akan ditemukan jumlah operasi yang paling sedikit.
Petunjuk !
1. agar operasinya semakin sedikit maka operasi pembagian harus digunakan semaksimal mungkin. Dalam soal ada bua buah operasi pembagian yaitu pembagian dengan 5 dan 6.
2. jika kita gunakan pembagian 6, maka akan memerlukan operasi penjumlahan, perkalian dan pengurangan yang cukup banyak maka fokuslah membuat angka 122 menjadi angka kelipatan 5. dan yang paling dekat adalah membuatnya menjadi 120/125
3. melalui langkah 3 akan ditemukan jumlah operasi yang paling sedikit.
--- Soal No 14 ---
Andika akan membuat kotak donasi untuk mengumpulkan sumbangan. Jaring-jaring kotak donasi tersebut disajikan pada
gambar berikut.
Kotak donasi yang terbentuk adalah ....
A.
B.
C.
D.
A.

B.

C.

D.

Kunci : A
Petunjuk !
ilustrasikan soal dengan baik dan pahami posisi penting yang membuat bayangan dari gambar yang tersedia akan jauh lebih mudah.
Petunjuk !
ilustrasikan soal dengan baik dan pahami posisi penting yang membuat bayangan dari gambar yang tersedia akan jauh lebih mudah.
--- Soal No 15 ---
Limas E.ABCD berikut memiliki alas persegi panjang dengan ukuran CD = 6 cm, AD = 8 cm dan rusuk-rusuk tegak nya 13 cm. Luas segitiga BDE = ... cm^2
A. 24
B. 30
C. 48
D. 60
A. 24
B. 30
C. 48
D. 60
Kunci : D. 60
Petunjuk !
1. Dengan konsep pytagoras temukanlah panjang BD
2. keluarkan segitiga BDE, maka akan diperoleh segitiga sama kaki, kemudian dengan rumus pytagoras temukan tinggi segitiga sama kakinya.
3. melalui kedua langkah diatas maka soal dapat diselesaikan.
Petunjuk !
1. Dengan konsep pytagoras temukanlah panjang BD
2. keluarkan segitiga BDE, maka akan diperoleh segitiga sama kaki, kemudian dengan rumus pytagoras temukan tinggi segitiga sama kakinya.
3. melalui kedua langkah diatas maka soal dapat diselesaikan.
--- Soal No 16 ---
Jumlah keliling suatu persegi dan suatu persegi panjang sama dengan tiga kali keliling suatu segitiga sama sisi. Diketahui
panjang sisi persegi dan segitiga sama sisi berturut-turut adalah 12 cm dan 10 cm. Jika lebar persegi panjang adalah 9 cm,
maka perbandingan lebar dan panjang dari persegi panjang adalah ....
A. 2 : 3
B. 1 : 2
C. 1 : 4
D. 3 : 4
A. 2 : 3
B. 1 : 2
C. 1 : 4
D. 3 : 4
Kunci : D. 3 : 4
Petunjuk !
1.Ingatlah keliling dari persegi adalah 4s, keliling dari persegi panjang adalah *2p+l dan keliling segitiga sama sisi adalah 3s, dengan s adalah panjang sisi persegi dan segitiga sedangkan p dan l$ adalah panjang dan lebar persegi panjang.
2. dari informasi pada soal akan diperoleh sebuah persamaan yang memuat panjang sisi dari setiap bangun, dan hanya panjang oersegi panjang yang tidak ada.
3. selesaikan persamaan yang diperoleh kemudian nilai panjang dan lebar persegi panjang ajan diperoleh
Petunjuk !
1.Ingatlah keliling dari persegi adalah 4s, keliling dari persegi panjang adalah *2p+l dan keliling segitiga sama sisi adalah 3s, dengan s adalah panjang sisi persegi dan segitiga sedangkan p dan l$ adalah panjang dan lebar persegi panjang.
2. dari informasi pada soal akan diperoleh sebuah persamaan yang memuat panjang sisi dari setiap bangun, dan hanya panjang oersegi panjang yang tidak ada.
3. selesaikan persamaan yang diperoleh kemudian nilai panjang dan lebar persegi panjang ajan diperoleh
--- Soal No 17 ---
Perhatikan gambar berikut
Titik D berada pada garis AB. Panjang t adalah ... satuan panjang.
A. \frac{18}{5}
B. \frac{24}{5}
C. \frac{40}{3}
D. 120
A. \frac{18}{5}
B. \frac{24}{5}
C. \frac{40}{3}
D. 120
Kunci : B. \frac{24}{5}
Petunjuk !
1. Misalkan panjang AD=x, kemudian terapkan rumus pytagoras pada segitiga BDC dan segitiga ABC yang mana sama sama buat dalam t^2
2. dari langkah pertama maka samakan nilai t^2 sehingga dari langkah ini akan ditemukan nilai x
3. Jika nilai x sudah ada maka otomatis nilai t juga dapat dicari dengan memanfaatkan segitiga ADC.
Petunjuk !
1. Misalkan panjang AD=x, kemudian terapkan rumus pytagoras pada segitiga BDC dan segitiga ABC yang mana sama sama buat dalam t^2
2. dari langkah pertama maka samakan nilai t^2 sehingga dari langkah ini akan ditemukan nilai x
3. Jika nilai x sudah ada maka otomatis nilai t juga dapat dicari dengan memanfaatkan segitiga ADC.
--- Soal No 18 ---
Diketahui tabung A memiliki jari-jari sama dengan tingginya, sedangkan tabung B memiliki jari-jari sama dengan \frac{3}{4} tingginya. Jika jari-jari tabung A sama dengan dua kali jari-jari tabung B, maka perbandingan luas selimut tabung A dan tabung B adalah ....
A. 2:1
B. 3:1
C. 4:3
D. 3:2
A. 2:1
B. 3:1
C. 4:3
D. 3:2
Kunci : B. 3:1
Petunjuk !
1. Ilustrasikan soal pada sebuah gambar yang dilengkapi dengan ukuran tinggi dan jari-jari sesuai dengan informasi di dalam soal
2. karena jari-jari tabung A sama dengan dua kali jari-jari tabung B, maka cobalah temukan hubungan nilai r dan t kemudian dengan menerapkan rumus luas selimut tabung maka soal dapat diselesaikan.
Petunjuk !
1. Ilustrasikan soal pada sebuah gambar yang dilengkapi dengan ukuran tinggi dan jari-jari sesuai dengan informasi di dalam soal
2. karena jari-jari tabung A sama dengan dua kali jari-jari tabung B, maka cobalah temukan hubungan nilai r dan t kemudian dengan menerapkan rumus luas selimut tabung maka soal dapat diselesaikan.
--- Soal No 19 ---
Perhatikan gambar berikut !
ABCD adalah persegi panjang dan BEFG adalah persegi. Jika perbandingan HB : BE = 1 : 3, maka luas daerah yang diarsir
adalah ... cm^2
A. 28
B. 33
C. 38
D. 42
A. 28
B. 33
C. 38
D. 42
Kunci : A. 28
Petunjuk !
1. Temukan panjang HB dengan menerapkan informasi bahwa HB : BE = 1 : 3
2. buatlah titik bantu Q sehingga AEFQ merupakan persegi panjang dengan panjang AE dan lebar EF. temukan luas segitiga DAH, HEF, DQF temukan juga luas persegi panjang AEFQ
3. maka luas daerah yang diarsir dapat ditemukan dengan cara menemukan selisih luas persegi panjang dengan jumlah luas seluruh segitiga DAH, HEF, DQF
Petunjuk !
1. Temukan panjang HB dengan menerapkan informasi bahwa HB : BE = 1 : 3
2. buatlah titik bantu Q sehingga AEFQ merupakan persegi panjang dengan panjang AE dan lebar EF. temukan luas segitiga DAH, HEF, DQF temukan juga luas persegi panjang AEFQ
3. maka luas daerah yang diarsir dapat ditemukan dengan cara menemukan selisih luas persegi panjang dengan jumlah luas seluruh segitiga DAH, HEF, DQF
--- Soal No 20 ---
Hasil ujian matematika di suatu kelas yang terdiri dari 20 siswa berada pada interval 56 – 100. Rata-rata seluruh siswa di kelas tersebut adalah 68. Sebanyak 3 siswa mengikuti remedial dengan nilai maksimum 75. Rata-rata tertinggi setelah remedial yang mungkin untuk kelas tersebut adalah ....
A. 70,65
B. 70,75
C. 70,85
D. 70,95
A. 70,65
B. 70,75
C. 70,85
D. 70,95
Kunci : C. 70,85
Petunjuk !
1. Temukan dulu jumlah data 20 siswa dengan memanfaatkan rata-rata nilainya.
2. agar rata-rata menjadi tertinggi maka misalkan ketiga orang yang remidi mendapat nilai terendah yaitu 56, kemudian keluarkan mereka dari jumlah data pada point 1.
3. ketia ia telah remidi asumsikan nilainya maksimal yaitu 75, maka masukan nilai ketiga orang itu pada point 2 dan bagi dengan jumlah siswa yaitu 20 anak.
Petunjuk !
1. Temukan dulu jumlah data 20 siswa dengan memanfaatkan rata-rata nilainya.
2. agar rata-rata menjadi tertinggi maka misalkan ketiga orang yang remidi mendapat nilai terendah yaitu 56, kemudian keluarkan mereka dari jumlah data pada point 1.
3. ketia ia telah remidi asumsikan nilainya maksimal yaitu 75, maka masukan nilai ketiga orang itu pada point 2 dan bagi dengan jumlah siswa yaitu 20 anak.
--- Soal No 21 ---
Data banyak penjualan roti A, B, C, D, E dan F dalam dua hari berturut-turut pada suatu toko disajikan pada tabel di bawah
ini:
Grafik rata-rata banyak penjualan keenam roti tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
A.

B.

C.

D.

Kunci : B
Petunjuk !
1. Temukan rata-rata setiap jenis roti untuk hari pertama dan kedua, misal roti A memiliki rata-rata =\frac{8+12}{2}, kemudian sesuaikan dengan gambar yang tersedia.
2. lakukan hal yang sama untuk jenis roti selanjutnya.
Petunjuk !
1. Temukan rata-rata setiap jenis roti untuk hari pertama dan kedua, misal roti A memiliki rata-rata =\frac{8+12}{2}, kemudian sesuaikan dengan gambar yang tersedia.
2. lakukan hal yang sama untuk jenis roti selanjutnya.
--- Soal No 22 ---
Dua tim siswa sekolah dasar, yaitu tim A dan tim B, berlomba lari estafet 4 × 100 meter. Lari estafet 4 × 100 meter adalah
lomba lari yang diikuti oleh empat pelari pada setiap tim dengan aturan: pelari ke-1 membawa tongkat dan berlari 100 meter,
kemudian tongkat diserahkan ke pelari berikutnya yang juga berlari 100 meter dan seterusnya sampai pelari ke-4. Berikut
adalah data kecepatan pelari pada perlombaan tersebut.
Selisih waktu tempuh kedua tim adalah ... detik
A. 11
B. 10
C. 9
D. 8
A. 11
B. 10
C. 9
D. 8
Kunci : B. 10
Petunjuk !
1. Temukan waktu setiap pelari dengan rumus kecepatan dimana W=\frac{J}{K}, dengan W adalah waktu, J adalah jarak dan K adalah kecepatan
2. Jumlahkan semua waktu pelari untuk Tim A dan untuk Tim B
3. Temukan selisih jumlah waktu mereka.
Petunjuk !
1. Temukan waktu setiap pelari dengan rumus kecepatan dimana W=\frac{J}{K}, dengan W adalah waktu, J adalah jarak dan K adalah kecepatan
2. Jumlahkan semua waktu pelari untuk Tim A dan untuk Tim B
3. Temukan selisih jumlah waktu mereka.
--- Soal No 23 ---
Berikut ini adalah pemenang pada lomba Chicago Marathon 2023.
Pada lomba tersebut, jarak yang harus ditempuh adalah 42 km. Kecepatan rata-rata Kelvin Kiptum pada lomba tersebut
mendekati ... meter/detik.
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
Kunci : B. 6
Petunjuk !
1. Perhatikan catatan waktu Kelvin Kiptum adalah 2 jam 35 detik. maka kecepatan rata-rata dapat dihitung dengan membagi jarak dengan waktu.
2. di soal jarak yang diminta adalah meter maka ubahkan 42 km = ... m, kemudian waktu juga diminta menjadi detik maka ubah 2 jam 35 detik = ... detik
3. Melalui kedua langkah itu soal dapat diselesaikan.
Petunjuk !
1. Perhatikan catatan waktu Kelvin Kiptum adalah 2 jam 35 detik. maka kecepatan rata-rata dapat dihitung dengan membagi jarak dengan waktu.
2. di soal jarak yang diminta adalah meter maka ubahkan 42 km = ... m, kemudian waktu juga diminta menjadi detik maka ubah 2 jam 35 detik = ... detik
3. Melalui kedua langkah itu soal dapat diselesaikan.
--- Soal No 24 ---
Berikut adalah tabel perolehan hasil tes IPA.
Berapa minimal banyak jawaban benar sehingga banyak jawaban benar tersebut melebihi 70% siswa yang lain?
A. 7
B. 8
C. 9
D. 10
A. 7
B. 8
C. 9
D. 10
Kunci : C. 9
Petunjuk !
1. unutk menjawab soal ini fokuslah pasa jumlah siswanya, dimana agar nilai melebihi 70 persen dari siswa yang lain dapat ditemukan dengan cara menemukan jumlah 70 persen siswa yang ada.
2. total peserta tes IPA adalah 50, maka cari 70 persen dari 50
3. dari langkah kedua akan ditemukan banyak siswa yang memperoleh jawaban benar diatas 70 persen, maka nilai minimal jawaban benarpun dapat ditentukan.
Petunjuk !
1. unutk menjawab soal ini fokuslah pasa jumlah siswanya, dimana agar nilai melebihi 70 persen dari siswa yang lain dapat ditemukan dengan cara menemukan jumlah 70 persen siswa yang ada.
2. total peserta tes IPA adalah 50, maka cari 70 persen dari 50
3. dari langkah kedua akan ditemukan banyak siswa yang memperoleh jawaban benar diatas 70 persen, maka nilai minimal jawaban benarpun dapat ditentukan.
--- Soal No 25 ---
Pada perlombaan panjat pinang, mula-mula Jimmy memanjat sejauh \frac{2}{5} dari tinggi batang pinang, namun kemudian Jimmy merosot ke posisi \frac{1}{4} dari posisi sebelumnya. Selanjutnya, Jimmy memanjat kembali tepat \frac{1}{5} dari posisi terakhir. Jika Jimmy harus memanjat 6 meter lagi untuk sampai di puncak, maka tinggi batang pinang adalah ... meter.
A. 9,125
B. 9,375
C. 9,500
D. 9,750
A. 9,125
B. 9,375
C. 9,500
D. 9,750
Kunci : B. 9,375
Petunjuk !
1. misalkan dulu tinggi tiang adalah x, maka jelas sekali posisi pertama jimmy adalah \frac{2}{5}x
2. karena ia merosot sejauh \frac{1}{4} dari posisi sebelumnya, maka kurangi hasil pada point 1 dengan seperempatnya.
3. kemudian Jimmy memanjat kembali tepat \frac{1}{5} dari posisi terakhir, maka jumlahkan hasil pada point 2 dengan seperlimanya.
4. kemudian tambahkan hasil pada point 3 dengan 6 meter dah hasilnya adalah tinggi tiang semula (x)
5. selesaikan persamaan pada point 4, maka nilai x adalah tinggi tiangnya.
Petunjuk !
1. misalkan dulu tinggi tiang adalah x, maka jelas sekali posisi pertama jimmy adalah \frac{2}{5}x
2. karena ia merosot sejauh \frac{1}{4} dari posisi sebelumnya, maka kurangi hasil pada point 1 dengan seperempatnya.
3. kemudian Jimmy memanjat kembali tepat \frac{1}{5} dari posisi terakhir, maka jumlahkan hasil pada point 2 dengan seperlimanya.
4. kemudian tambahkan hasil pada point 3 dengan 6 meter dah hasilnya adalah tinggi tiang semula (x)
5. selesaikan persamaan pada point 4, maka nilai x adalah tinggi tiangnya.
--- Soal No 26 ---
Bilangan penyusun dari tahun 2024 yaitu 2, 0, 2 dan 4, bila dijumlahkan hasilnya adalah 8. Berapa banyak tahun yang memiliki sifat tersebut seabad setelah 2040?
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
Kunci : B. 7
Petunjuk !
1. misalkan tahun yang dimaksud adalah 20ab, maka nilai 2+0+a+b harus sama dengan 8, maka coba temukan di dalam rentang tahun 2040 - 2100 akan ada 3 tahun yang membentuk sifat tersebut, contohnya 2042.
2. dengan cara yang sama dari tahun 2100 - 2140 akan ditemukan 4 tahun yang memiliki sifat yang sama.
3. ingat kita hanya menghitung antara tahun seabad setelah 2040 yaitu 2040 - 2140
4. melalui langkah 1 dan 2 soal dapat diselesaikan.
Petunjuk !
1. misalkan tahun yang dimaksud adalah 20ab, maka nilai 2+0+a+b harus sama dengan 8, maka coba temukan di dalam rentang tahun 2040 - 2100 akan ada 3 tahun yang membentuk sifat tersebut, contohnya 2042.
2. dengan cara yang sama dari tahun 2100 - 2140 akan ditemukan 4 tahun yang memiliki sifat yang sama.
3. ingat kita hanya menghitung antara tahun seabad setelah 2040 yaitu 2040 - 2140
4. melalui langkah 1 dan 2 soal dapat diselesaikan.
--- Soal No 27 ---
Berapa banyak bilangan ganjil sembilan angka abcdefghi berbeda yang tersusun dari angka-angka 1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9
sehingga d+e+f = 10 ?
A. 2160
B. 4320
C. 6480
D. 8640
A. 2160
B. 4320
C. 6480
D. 8640
Kunci : D. 8640
Petunjuk !
1. temukan kemungkinan nilai def yang sesuai dengan syarat pada soal yaitu d+e+f = 10.
2. salah satu nilai def yang mungkin adalah kobinasi angka 1,2,7 karena jumlahnya 10. dimana banyak kombinasi angka ini ada sebanyak 6 yaitu 127, 172, 217, 271, 712, 721.
3. dengan konsep kaidah cacah maka nilai a,b,c,g,h,i dapat ditentukan
4. temukan kombinasi lain dari def yang mungkin berjumlah 10.
5. jumlahkan semua kemungkinan yang diperoleh.
Petunjuk !
1. temukan kemungkinan nilai def yang sesuai dengan syarat pada soal yaitu d+e+f = 10.
2. salah satu nilai def yang mungkin adalah kobinasi angka 1,2,7 karena jumlahnya 10. dimana banyak kombinasi angka ini ada sebanyak 6 yaitu 127, 172, 217, 271, 712, 721.
3. dengan konsep kaidah cacah maka nilai a,b,c,g,h,i dapat ditentukan
4. temukan kombinasi lain dari def yang mungkin berjumlah 10.
5. jumlahkan semua kemungkinan yang diperoleh.
--- Soal No 28 ---
Bilangan ratusan abc disusun dari angka-angka yang berbeda 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Jika b merupakan bilangan genap dan a < c, maka banyak bilangan ratusan yang mungkin adalah ... bilangan
A. 16
B. 20
C. 30
D. 32
A. 16
B. 20
C. 30
D. 32
Kunci : C. 30
Petunjuk !
1. karena diminta angka ratusan maka buatlah 3 kotak dimana kotak pertama mewakili huruf A, kotak ditengah huruf B dan kotak di akhir mewakili huruf C. Kemudian b harus genap, maka kemungkinan B adalah 2,4,6.
2. ambil untuk nilai b = 2, maka akan ada 4 kondisi nilai a dan c yang mungkin, misalnya jika a diambil 1 maka nilai c yang mungkin adalah 3,4,5,6. kemudian untuk kondisi ini akan ada 1.1.4 cara. Cobalah temukan 3 kondisi lainnya kemudian jumlahkan semua hasilnya
3. temukan kondisi yang lain untuk nilai b = 4 dan b = 6.
4. Jumlahkan semua kemungkinan yang diperoleh.
Petunjuk !
1. karena diminta angka ratusan maka buatlah 3 kotak dimana kotak pertama mewakili huruf A, kotak ditengah huruf B dan kotak di akhir mewakili huruf C. Kemudian b harus genap, maka kemungkinan B adalah 2,4,6.
2. ambil untuk nilai b = 2, maka akan ada 4 kondisi nilai a dan c yang mungkin, misalnya jika a diambil 1 maka nilai c yang mungkin adalah 3,4,5,6. kemudian untuk kondisi ini akan ada 1.1.4 cara. Cobalah temukan 3 kondisi lainnya kemudian jumlahkan semua hasilnya
3. temukan kondisi yang lain untuk nilai b = 4 dan b = 6.
4. Jumlahkan semua kemungkinan yang diperoleh.
--- Soal No 29 ---
Perhatikan 3 untai balon yang disusun sebagai berikut:
Setiap balon akan diledakkan dengan syarat tidak boleh menjatuhkan balon lain, dan untuk meledakkan balon berikutnya
harus berbeda untaian. Banyak cara agar balon nomor 6 diledakkan pada urutan ke-lima adalah ....
A. 6
B. 5
C. 4
D. 3
A. 6
B. 5
C. 4
D. 3
Kunci : C. 4
Petunjuk !
1. Agar balon keenap tepat diledakan di urutan kelima, maka balon harus mulai diledakan dari balon bernomor 9
2. prediksikan langkah selanjutnya agar balon keenam tepat diledakan pada urutan kelima.
Petunjuk !
1. Agar balon keenap tepat diledakan di urutan kelima, maka balon harus mulai diledakan dari balon bernomor 9
2. prediksikan langkah selanjutnya agar balon keenam tepat diledakan pada urutan kelima.
--- Soal No 30 ---
Panitia pentas seni membutuhkan 2 orang bagian perlengkapan dan 2 orang bagian sekretariat. Jika terdapat 3 calon anggota
bagian perlengkapan dan 4 calon anggota bagian sekretariat, maka banyak susunan anggota berbeda yang dapat dipilih adalah
....
A. 9
B. 18
C. 36
D. 72
A. 9
B. 18
C. 36
D. 72
Kunci : B. 18
Petunjuk !
1. Untuk memilih 2 anggota perlengkan dari 3 anggota yang tersedia dapat dimisalkan 3 orang itu adalah A,B,C maka banyak kemungkinan dipilihnya adalah A,B atau A,C atau B,C jadi ada 3 kemungkinan.
2. dengan cara yang sama cobalah temukan banyaknya cara memililih 2 anggta sekretariat dari 4 calon yang ada dengan cara yang sama dengan cara pada point 1
3. kalikan hasil pada point 1 dan point 2
Petunjuk !
1. Untuk memilih 2 anggota perlengkan dari 3 anggota yang tersedia dapat dimisalkan 3 orang itu adalah A,B,C maka banyak kemungkinan dipilihnya adalah A,B atau A,C atau B,C jadi ada 3 kemungkinan.
2. dengan cara yang sama cobalah temukan banyaknya cara memililih 2 anggta sekretariat dari 4 calon yang ada dengan cara yang sama dengan cara pada point 1
3. kalikan hasil pada point 1 dan point 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar