SOAL OSN KSN MATEMATIKA SMP TAHUN 2018


Olimpiade Sains Nasional $($ OSN $)$ atau sekarang sering disebut dengan Kompetisi Sains Nasional $($ KSN $)$ merupakan hal yang sama saja, kompetisi ini diperunutkan untuk siswa yang berada di jenjang SD, SMP, dan SMA. Berikut ini merupakan soal OSN matematika SMP tahun 2018, untuk melihat Kumpulan Soal KSN Matemematika SMP yang lainnya silahkan KLIK DISINI___ 

 Selamat menegrjakan. Sebelum dilanjutkan mengerjakan soal, apabila nanti ada kekelirua atau koreksi jawaban yang salah silahkan tinggalkan komentar pada kolom paling bawah, karena kritik dan masukannya akan sangat membantu untuk kemajuan blog ini.

--- Soal No 1 ---
Bilangan prima p dan q masing-masing dua digit. Hasil penjumlahan p dan q merupakan bilangan dua digit yang digitnya sama. Jika bilangan tiga digit r merupakan perkalian p dan q, maka dua nilai r yang mungkin adalah....... .
A. 121 atau 143
B. 169 atau 689
C. 403 atau 989
D. 481 atau 121
Kunci : C. 403 atau 989
Petunjuk !
1. karena p dan q dua digit dan hasil penjumlahanya adalah kembar, maka kemungkinan hasilnya selalu bilangan genap yang kembar dan dua digit.
2. coba temukan pasangan bilangan p dan q yang mungkin dari kemungkinan jumlah p dan q di point 1
3. misal jika diambil hasil penjumlhakan p dan q adalah 22, maka bilangan prima yang mungkin adalah 11 dan 11.


--- Soal No 2 ---
Diketahui tabel distribusi nilai siswa kelas A dan kelas B sebagai berikut.
pernyataan berikut yang benar adalah ... .
A. Median nilai ulanga sama untuk kelas A dan B
B. Mean nilai ulangan sama untuk kelas A dan B
C. Modus nilai ulangan sama untuk kelas A dan B
D. Jawaban A, B dan C salah
Kunci : A. Median nilai ulanga sama untuk kelas A dan B
Petunjuk !
ingatlah bahwa
- mean adalah rata-rata suatu data
- median adalah nilai tengah suatu data
- modus adalah nilai yang paling banyak muncul


--- Soal No 3 ---
Pada suatu data terdapat 21 bilangan bulat positif. Bilangan terbesar pada data tersebut adalah 16, median dari data tersebut adalah 10. Rata-rata terkecil yang mungkin dari data tersebut adalah ... .
A. 5,0
B. 5,5
C. 6,0
D. 6,5
Kunci : C. 6,0
Petunjuk !
1. dalam soal median data dan nilai tertinggi sudah diketahui, maka agar rata-ratanya terkecil, maka dari data ke 10 mingga ke 20 samakan dengan mediannya dan data pertama hingga data ke 9 buat nilainya paling kecil.


--- Soal No 4 ---
Diketahui persamaan garis $3x+4y-5=0$. Jika garis tersebut direfleksikan terhadap sumbu y dan dilanjutkan di dilatasi $[0,3]$ maka persamaanya adalah ... .
A. $3x+4y-15=0$
B. $3x-4y-15=0$
C. $-3x+4y-15=0$
D. $-3x-4y-15=0$
Kunci : C. $-3x+4y-15=0$
Petunjuk !
cara 1
Ambil dua buah titik yang melalui garis tersebut, kemudian refleksikan dan dilatasi sesuai dengan apa yang diminta di soalnya

Cara II
1. jika objek di repleksikan dengan sumu $y$, maka ganti nilai $x$ dengan $-x$
2. jika objek di dilatasi sebesar $[0,a]$ maka ganti nilai $x$ dengan $\frac{1}{a}x$ dan $y$ dengan $\frac{1}{a}y$
3. ikuti kedua langkah diatas, maka soal dapat diselesaikan

--- Soal No 5 ---
Jika $-1 < x < y < 0$ maka akan berlaku ... .
A. $xy < x^2y < xy^2 $
B. $xy < xy^2 < x^2y $
C. $xy^2 < x^2y < xy $
D. $x^2y < xy^2 < xy $
Kunci : D. $x^2y < xy^2 < xy $
Petunjuk !
1. untuk mengatakan jawaban A, B dan C salah maka ambil salah satu nilai $x$ dan $y$ yang berada di dalam rentang tersebut dan buktikan salah.
2. untuk mengatakan bahwa jawaban D benar, maka bisa dibuktikan dengan mengalikan $xy$ dimana $x$ dan $y$ adalah bilangan negatif sehingga hasil kalinya adalah positif. Sehingga jika $xy$ dikalikan apa yang ada di soal, maka tidak akan mengubah nilai soalnya.


--- Soal No 6 ---
Jika x dan y adalah bilangan bulat positif dengan $y > 1$ sehingga $x^y=3^{18}.5^{30}$, maka nilai dari $x-y$ yang mungkin adalah ... .
A. 84.375
B. 84.369
C. 84.363
D. 84.357
Kunci : B. 84.369
Petunjuk !
1. ingatlah sifat eksponen $a^m.b^m=(a.b)^m$
2. sesuai sifat diatas, maka berfikirlah untuk memecah pangkat yang lebih besar menjadi sama dengan pangkat bilangan lain, sehingga bilangan yang dipangkatkan bisa dikalikan.
3. ulangi langkah ketiga hingga bentuk di soal menjadi bentuk $x^y$


--- Soal No 7 ---
Diketahui F = {9, 10, 11, 12, 13, ... , 49, 50} dan G adalah himpunan bilangan yang anggota-anggotanya dapat dinyatakan sebagai penjumlahan tiga atau lebih bilangan asli berurutan. maka anggota dari $ F\bigcap G$ sebanyak ... .
A. 14
B. 26
C. 29
D. 36
Kunci :
Petunjuk !






--- Soal No 8 ---
Diketahui $x,y$ dan $z$ adalah tiga bilangan bulat positif. Tiga terurut $(x,y,z)$ yang memenuhi $(x+2y)^z=64$ ada sebanyak... .
A. 4
B. 32
C. 35
D. 36
Kunci : C. 35
Petunjuk !
1. ubah bentuk 64 menjadi bilangan $a^b$ maka $z=b$ dan $a=x+2y$
2. temukan semua kemungkinan ilai $a$ dan $b$ kemudian temukan kemungkinan nilai $x,y$ dan $z$


--- Soal No 9 ---
Sepuluh kartu masing-masing ditulis bilangan 1 - 10 sedemikian sehingga tidak ada dua kartu yang memiliki bilangan yang sama. Sebuah kartu diambil secara acak, dicatat bilangan pada kartu tersebut. Kemudian sebuah dadu dilemparkan, dicatat mata dadu yang muncul. Peluang untuk mendapatkan hasil kali bilangan pada kartu dan mata dadu merupakan bilangan kuadrat adalah ... .
A. $\frac{1}{10}$
B. $\frac{2}{15}$
C. $\frac{11}{60}$
D. $\frac{13}{60}$
Kunci : C. $\frac{11}{60}$
Petunjuk !
1. salah satu kemungkinan nomor kartu dan dadu yang adalah $(1,1)$, coba temukan bilangan lainnya dan temukan banyaknya
2. ruang sampel peluang pada soal adalah hasil kali kemungkinan angka pada kartu dan angka pada dadu.
3. untuk mempermudah, silahkan gunakan bantuan tabel.


--- Soal No 10 ---
Grafik fungsi kuadrat $y=a(x-1)^2+a$ dengn $a \neq 0$, tidak berpotongan dengan grafik fungsi kuadrat $y=(1-a^2)x^2+2a+1$, jika ... .
A. $-1 < a < 0$ atau $c0 < a < \frac{1}{2}$
B. $-1 < a < 0$ atau $0 < a < 1$
C. $-1 < a < \frac{1}{2}$ atau $\frac{1}{2} < a < 1$
D. $\frac{1}{2} < a < 1$ atau $a > 1$
Kunci : A. $-1 < a < 0$ atau $c0 < a < \frac{1}{2}$
Petunjuk !
1. syarat agar suatu grafik tidak berpotongan adalah ketika kedua persamaan disubstitusi maka Diskriminannya harus negatif atau kurang dari nol
2. sesuai langkah 1, substitusi parabola 1 ke parabola kemudian sederhanakan
3. hasil sederhanaya adalah persamaan kuadrat dalam variabel $a$, kemudian faktorkan
4. sajikan nilai a yang diperoleh ke garis bilangan kemudian temukan daerah yang sesuai dengan grafik.


--- Soal No 11 ---
Suku keempat , suku ketujuh, suku kesepuluh dan suku ke - 1010 suatu barisan aritmatika berturut-turut adalah $t+2, t^2-4, t^2 +t -2$ dan $2018$. Suku ke - 100 dikurang suku ke - 10 barisan aritmatika tersebut adalah ... .
A. 102
B. 150
C. 175
D. 180
Kunci : D. 180
Petunjuk !
1. temukan nilai suku awal $(a)$ dan beda $(b)$ dari barisan aritmatika yang dimaksudkan melalui suku-suku yang diketahui
2. untuk lebih mudahnya, temukan dengan menjumlahkan suku-suku tertentu atau bisa juga dengan konsep eliminasi dan substutusi.
3. jika nilai suku awal $(a)$ dan beda $(b)$, maka nilai nilai yang lainnya pasti ditemukan


--- Soal No 12 ---
Diketahui jajar genjang ABCD dengan AB = 10 cm. titik P berada digaris diagonal BD dan sebagai titik potong garis BD dan AQ. Serta titik Q terletak pada CD dan BP = 2.DP. Panjang DQ adalah ... cm.
A. $2$
B. $\frac{10}{3}$
C. $4$
D. $5$
Kunci : D. $5$
Petunjuk !
1. coba ilustrasikan soal ke dalam bentuk gambar, kemudian berikan informasi sesuai soal
2. ada beberapa segitiga yang sebangun di dalam gambar, coba temukan salah satunya yang memuat BP dan DP
3. terapkan perbandingan segitiga pada segitiga yang sebangun yang kamu temukan.


--- Soal No 13 ---
Diberikan bilangan asli dua digit. Peluang bahwa bilangan tersebut memiliki digit penyusun prima dan bersisa 3 jika dibagi 7 adalah ... .
A. $\frac{1}{45}$
B. $\frac{1}{30}$
C. $\frac{1}{8}$
D. $\frac{1}{4}$
Kunci : A. $\frac{1}{45}$
Petunjuk !
1. cobalah mencacah bilangan bilangan dua digit yang prima, kemudian coba cari bilangan yang dibagi 3 bersesa 7
2. jika semua bilangan sudah ditemukan, maka peluangnya juga ditemukan


--- Soal No 14 ---
Perhatikan segitiga ABCdan lingkaran dalam pada gambar berikut
Jika segitiga ABC sama sisi dengan CD = 6 cm, maka luas daerah lingkaran dalam adalah ... $cm^2$.
A. $16 \pi$
B. $12 \pi$
C. $9 \pi$
D. $4 \pi$
Kunci : B. $12 \pi$
Petunjuk !
1. sesuai dengan teorema jari-jari lingkaran dalam segitiga diperoleh $r=\frac{L}{S}$ dengan $s$ adalah setengah keliling segitga kemudian luas segitiga sama sisi dengan cepat diperoleh dengan cara $\frac{1}{4} \text{sisi}^2 \sqrt{3}$
2. melalui lankah no 1, maka nilai jari-jari lingkaran bisa ditemukan.
3. selain menggunakan cara diatas, kita juga bisa menarik sebuah garis bantu dari pusat lingkaran ke titik singgung lingkaran dengan segitiga, kemudian terapkan kosep kesebangunan dan pytagoras untuk menemukan nilai jari-jarinya.


--- Soal No 15 ---
Kubus ABCD.PQRS memiliki sisi-sisi yang anjangnya 4 cm. Jika T terletak pada perpanjangan garis CR sehingga RT = CR, maka luas daerah TBD adalah cm$^2$... .
A. 18
B. 24
C. 32
D. 64
Kunci : B. 24
Petunjuk !
1. coba ilustrasikan soal ke dalam sebuah gambar.
2. maka luas segitiga diperoleh dengan cara $\frac{1}{2}.BD.PT$ dimana panjang $DB$ dan $PT$ dapat dicari dengan menggunakan konsep pytagoras.


--- Soal No 16 ---
Peserta sebuah kegiatan osis yang diikuti oleh 2 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan dibagi secara acak menjadi dua kelompok dengan anggota masing-masing tiga orang. Peluang bahwa setiap kelompok beranggotakan satu siswa laki-laki adalah ... .
A. $\frac{3}{5}$
B. $\frac{1}{2}$
C. $\frac{2}{5}$
D. $\frac{1}{5}$
Kunci : A. $\frac{3}{5}$
Petunjuk !
1. masalah ini merupakan masalah kobinasi, dimana banyak ruang sampelnya adalah memilih 3 orang dari 6 orang yang adal
2. banyak kemungkinan kejadianya adlah banyak cara menyusun dalam 1 kelompok ada seorang laki-laki
3. dengan konsep kombinasi dan peluang soal dapat diselesaikan


--- Soal No 17 ---
Semua bilangan real $x$ yang memenuhi pertidaksamaan $\frac{2(x+3)-5\sqrt{x+2}}{x+2} \ geq 0 $ adalah... .
A. $x \leq -\frac{7}{4}$ atau $x \geq 2$
B. $-2 < x \leq -\frac{7}{4}$ atau $x \geq 2$
C. $-\frac{7}{4} \leq x \leq 0$ atau $x \geq 2$
D. $-\frac{7}{4} \leq x \geq 2$
Kunci : B. $-2 < x \leq -\frac{7}{4}$ atau $x \geq 2$
Petunjuk !
1. temukan dulu syarat penyebutnya yaitu tidak boleh sama dengan nol
2. selesaikan betuk pertaksamaan dengan mengalikan silah penyebutnya, kemudian memindahkan 1 elemen ke sebelah kiri atau kanan kemudian dikuadratkan agar nilai akarnya hilang. melalui tahap ini akan ditemukan dua buah rentang yang memenuhi
3. jangan lupa berikan juga syarat di dalam akar lebih besar dari nol.


--- Soal No 18 ---
Jika $\frac{1}{n}-\frac{1}{3n}+\frac{n}{3}-\frac{1}{2n}=\frac{3}{2n}$ maka jumlah semua nilai n yang mungkin adalah ... .
A. 2
B. 1
C. 0
D. -1
Kunci : C. 0
Petunjuk !
cara I
Samakan penyebut bentuk di sebalah kiri sama dengan, kemudian kalikan silah dan temukan nilai n

Cara II
Kalikan persamaan dengan $6n$ maka niai $n$ bisa ditemukan


--- Soal No 19 ---
Grafik dibawah ini menggambarkan gerakan dua kendaraan bermotor
pernyataan yang salah adalah... .
A. kecepatan terendah untuk kendaraan A yaitu pada detik ke-4 hingga ke-10
B. kecepatan tertinggi kendaraan B dicapai pada detik ke -18 hingga detik ke -23
C. Pada detik ke-10 hingga ke-15 kedaraan A dan B berhenti
D. Sampai dengan km 1 rata-rata kecepatan kendaraan A lebih besar dari kendaraan B
Kunci : B. kecepatan tertinggi kendaraan B dicapai pada detik ke -18 hingga detik ke -23
Petunjuk !
Hati-Hati dalam membaca grafik dan temukan maksud yang sesuai


--- Soal No 20 ---
menjelang tahun baru, harga sebuah kacamata dipotong atau didiskon sebesar $50% + 10%$. Seseorang pembeli membayar sebesar Rp 168.750 untuk kaca mata tersebut. Berapakah harga kacamata sebelum dipotong harganya ... .
A. Rp. 262.500,00
B. Rp. 281.250,00
C. Rp. 375.000,00
D. Rp. 421.675,00
Kunci : C. Rp. 375.000,00
Petunjuk !
1. temukan besar diskon total yang diberikan, kemudian terapkan rumus hubungan harga jual, harga beli dengan diskon yang diberikan.
2. selain cara pada point 1, hal ini juga bisa diselesaikan dengan menemukan hubungan harga jual dengan diskon yang diberikan secara bertahap.


--- Soal No 21 ---
Rata-Rata usia sepasang suami istri pada sat mereka menikah adalah 25 tahun. rata-rata usia keluarga pada saat anak pertama mereka lahir adalah 18 tahun. Rata-rata usia keluarga pada saat anak kedua lahir adalah 15 tahun. Rata-rata usia keluarga saat anak ketiga dan keempat lahir $($ kembar $)$ adalah 12 tahun, Jika saat ini rata-rata usia enam orang adalah 16tahun, maka usia anak pertama adalah ... .
A. 7
B. 8
C. 9
D. 10
Kunci : C. 9
Petunjuk !
1. temukan jumlah umur mereka saat menikah, yaitu jelas adalah 50 tahun.
2. saat anak pertama lahir, umur anak pertama adalaj 0 tahun, dan rata" usia keluarga adalah 18, maka jumlah umur keluarga adalah $18 \times 3= 54$ Tahun. hal ini menandakan jumlah umur ayah dan ibu 54 tahun.
3. saat anak kedua lahir jumlah umur mereka adalah 60 tahun, maka dari data ini bisa ditemukan usia anak pertama adalah $\frac{60-54}{3}$ tahun
4. ulangi langkah diatas hingga semua umur anaknya ketemu.


--- Soal No 22 ---
Diketahui sisi-sisi trapesium adalah 5cm, 7 cm, 7 cm dan 13 cm. Pernyataan yang salah adalah... .
A. tinggi trapesium adalah $\sqrt{33}$ cm
B. tinggi trapesium adalah $2\sqrt{6}$ cm
C. luas trapesium adalah $10\sqrt{6}$ cm $^2$
D. luas trapesium adalah $9\sqrt{33}$ cm $^2$
Kunci : C. luas trapesium adalah $10\sqrt{6}$ cm $^2$
Petunjuk !
1. sesuai dengan ukuran yang diberikan, ada dua kemungkinan bentuk trapesium yang bisa dibuat yaitu, panjang sisi sejaajrnya adalah 5 dan 13, atau 7 dan 13. Selain itu tidak mungkin dibuat sebuah trapesium.
2. temukan tinggi kedua trapesium yang mungkin terbentuk, dan selesaikan soal diatas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar