Latihan Soal TIU Kedinasan atau CPNS bagian Matematika | paket 2


Berikut disajikan beberapa contoh soal TIU yang di fokuskan pada materi matematika, Setiap soal telah diseleksi dan diperoleh dari berbagai sumber yang dirangkum agar mudah untuk dipelajari. Silahkan simak dan pelajari soal berikut dengan baik. Soal diambil dari Soal Ujian Saringan Masuk STAN tahun 2001


--- Soal No 1 ---
Pintu air di suatu daerah mempunyai 927 cabang saluran yang disalurkan ke rumahrumah tangga. Dalam satu minggu digunakan 88.065 liter air. Berapa literkah rata-rata air yang digunakan masing-masing rumah tangga dalam satu minggu ... .
A. 90
B. 95
C. 100
D. 105
Kunci : B. 95
Petunjuk !
Ingatlah rumus rata-rata yaitu :
$\text{Rata"}=\frac{ \text{Jumlah Data}}{\text{Banyak Data}}$


--- Soal No 2 ---
Seorang tukang memasang keramik yang berukuran panjang 6 dm dan lebar 40 cm pada sebuah lantai rumah. Jumlah keramik yang dipasangnya adalah 600 buah.Maka berapakah luas lantai tersebut ... .
A. $240 m^2$
B. $244 m^2$
C. $144 m^2$
D. $246 m^2$
Kunci : C. $144 m^2$
Petunjuk !
1. Perhatikan satuan jawaban pada soal yaitu $m^2$, maka ubahlah ukuran keramik menjadi meter, kemudian temukan luasnya dengan cara mengalikan panjang dan lebarnya.
2. Maka luas lantai diperoleh dengan mengalikan luas keramik dengan jumlah keramik.


--- Soal No 3 ---
Seorang petani membeli beberapa ekor sapi seharga Rp. 6 juta yang kemudian dijual semuanya seharga Rp. 7.500.000 dan memperoleh keuntungan sebesar Rp. 300.000 untuk setiap ekor sapi. Berpa ekor sapikah yang dibeli dan yang dijual oleh petani tersebut ... .
A. 20
B. 15
C. 10
D. 5
Kunci : D. 5
Petunjuk !
1.temukan lebih dulu keuntungan total penjualan semua sapi dengan cara menemukan selisi harga beli dan harga jual semua sapi.
2. Jumlah sapi yang dibeli petani doperoleh dengan cara membagi keuntungan total dengan keuntungan penjualan tiap ekor sapinya.


--- Soal No 4 ---
Seorang buruh pabrik bekerja mulai pukul 08.00 dan berhenti pada pukul 21.30 diketahui pula ia beristirahat siang selama ½ jam. Batas jam kerja efektif dalam sehari adalah 8 jam, dan selebihnya dianggap sebagai lembur. Berapa jamkah kelebihan waktu kerja buruh tersebut ... .
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
Kunci : A. 5
Petunjuk !
1. Temukanlah total jam kerja buruh tersebut dengan menemukan selisih waktu berhenti kerja dengan waktu mulai bekerja
2. Maka waktu lebur diperoleh dengan cara menemukan selisih waktu total dengan waktu efektif dia bekerja.


--- Soal No 5 ---
Sebuah pabrik menyediakan solar untuk memanaskan 4 buah mesin dalam waktu 6 minggu. Berapa minggukah pabrik tersebut harus menyediakan solar agar dapat digunakan untuk memanaskan 16 buah mesin ... .
A. 24
B. 18
C. 12
D. 9
Kunci : A. 24
Petunjuk !
1. Karena ini merupakan perbandingan senilai, maka buatlah dua buah tabel yang masing-masing mewakili mesin dan minggu, kemudian masukan nilai yang ada di soal kedalam tabel dan isi $x$ pada jumlah untuk 16 buah mesin
2. Kali silang nilai-nilai yang ada di tabel, dan temukan nilai $x$


--- Soal No 6 ---
Tarif iklan borongan di suatu surat kabar lokal adalah Rp. 250 per baris untuk hari pertama; Rp. 150 per baris Untuk lima hari berikutnya dan Rp. 100 per baris untuk hari-hari berikutnya. Apabila seseorang membayar Rp. 6.000 untuk iklan tiga baris, berapa harikah iklan tersebut dipasang ... .
A. 60
B. 16
C. 15
D. 10
Kunci : B. 16
Petunjuk !
1. Ada banyak cara menyelesaikan soal diatas, salah satunya menghitung jumlah uang yang harus dibayar di hari pertama, lima hari berikutnya dan hari-hari berikutnya hingga uangnya habis.
2. Cara yang lain bisa dibuat sebuah persamaan dengan memisalkan $x$ adalah jumlah hari ketika iklan ditayangkan setelah hari keenam.


--- Soal No 7 ---
Seseorang memiliki rumah yang harganya Rp. 90 juta. Dalam penilaian untuk pajak rumah tersebut dihargai sebesar 2/3. Apabila tariff pajaknya 12½ permil, berapakah hutang pajak orang tersebut ... .
A. Rp. 112.500
B. Rp. 1.112.500
C. Rp. 750.000
D. Rp. 75.000
Kunci : C. Rp. 750.000
Petunjuk !
1. Apabila persen memiliki makna per seratus, maka Permil memiliki makna perseribu. Sehingga 1 permil = $\frac{1}{1000}$
2. Dalam soal harga rumah yang dikenakan pajak bukan harga totalnya, namun harga yang diakui pajaknya yaitu 2/3 dari harga rumah.
3. Maka hutuang pajak dapat dicari dengan mengalikan persentase dengan harga rumah yang diakui dalam penilaian.


--- Soal No 8 ---
Rumah Andi jaraknya 1½ Km dari kantornya. Bila berjalan rata-rata 4½ km per jam, berapa jamkah yang dibutuhkanya untuk berjalan pulang pergi selama satu minggu bila Ia bekerja dari senin sampai sabtu dan tidak pernah makan siang di rumah pada hari kerja ... .
A. 4
B. 5
C. 6
D. 8
Kunci : A. 4
Petunjuk !
1. ingatlah rumus waktu, dimana dapat dicari dengan cara $\text{Waktu}=\frac{\text{jarak}}{\text{kecepatan}}$
2. dalam soal sudah diketahui jarak dan waktunya, maka total waktunya tinggal dikalikan dengan berapa kali ia pergi dan pulang dari kantornya.


--- Soal No 9 ---
Sebuah truk yang telah bermuatan 1¼ ton pasir masih mampu menambah muatan sebesar 600 pon. Bila satu ton sama dengan 2000 pon.berapa ton kah daya muat truk tersebut ... .
A. 1,45
B. 1,55
C. 1,65
D. 1,75
Kunci : B. 1,55
Petunjuk !
1. Dalam soal sudah diberikan cara mengubah pon ke ton, yaitu dengan cara membaginya dengan 2000. Maka ubahlah satuan tambahan muatan dari pon ke ton.
2. Jumlahkan hasil muatan awal dan muatan tambahanya.


--- Soal No 10 ---
Sebuah truk harus mengangkut 9½ ton pasir dari sebuah sungai ke lokasi proyek. Apabila truk tersebut hanya mampu mengangkut 2¼ ton pasir pada setiap kali angkut, maka berapa kali perjalanan yang harus dilakukan oleh supir truk tersebut untuk mengangkut seluruh pasir tersebut ... .
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
Kunci : C. 5
Petunjuk !
1. karena total yang diangkut cendrung dekat dengan jumlah maksimal yang bisa diangkut, maka akan lebih efisien jika menemukan kelipatan dari jumlah maksimal yang bisa diangkut. Yang kemudian akan ditemukan berapa kali truk harus mengangkt pasir tersebut.
2. Apabila nanti jumlah total pasir yang diangkat banyak, maka bisa memanfaatkan konsep barisan dan deret.


--- Soal No 11 ---
Dani termasuk 3 siswa termuda di kelasnya. Ada 26 siswa yang lebih tua daripada Dani dan satu yang seusia denganya. Berapakah banyaknya siswa yang ada di kelas Dani?... .
A. 28
B. 30
C. 32
D. 34
Kunci : A. 28
Petunjuk !
Sudah jelas


--- Soal No 12 ---
Suatu pekerjaan diselesaikan oleh 8 orang dalam waktu 4 hari. Berapa orang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu ½ hari?... .
A. 16
B. 32
C. 48
D. 64
Kunci : D. 64
Petunjuk !
1. Jika ditinjau dari permasalhannya, maka soal dapat diselesaikan dengan konsep perbandingan berbalik nilai, karena jika waktu pengerjaan berkurang, maka yang bekerja harus semakin banyak. sehingga buatlah sebuah tabel dengan 2 kolom yang masing-masing terisi hari dan banyak pekerja
2. masukan data sesuai permasalahan, dan misalkan $x$ sebagai banyak orang yang harus bekerja jika waktunya setengah hari.
3. Kali lurus diperoleh $8.4=\frac{1}{2}.x$
4. Selesaikan dan temukan nilai $x$


--- Soal No 13 ---
Beberapa tahun yang lalu Ridwan berusia tiga kali lebih tua daripada usia adiknya. Pada waktu itu Ridwan berusia 15 tahun. Apabila sekarang usia Ridwan dua kali lebih tua daripada usia adiknya. Berapakah usia Ridwan?... .
A. 14
B. 16
C. 18
D. 20
Kunci : D. 20
Petunjuk !
1. melalui kalimat pertama yang menyatakan "Ridwan berusia tiga kali lebih tua daripada usia adiknya" serta "Pada waktu itu Ridwan berusia 15 tahun" akan diperoleh usia adiknya $($ misal usia adiknya adalah $x)$
2. karena beberapa tahun lagi/saat ini harus memenuhi "usia Ridwan dua kali lebih tua daripada usia adiknya maka dengan memisalkan $a$ adalah banyak tahun dari beberapa waktu lalu sampai saat ini akan diperoleh persamaan
$15+a=2(x+a)$
3. selesaikan bentuk persamaan diatas.


--- Soal No 14 ---
Ahmad, Bahtiar, Candra, dan Doni membagi 144 buah jeruk. Ahmad menerima 10 buah lebih banyak daripada yang diterima Bachtiar, 26 lebih banya daripada yang diterima Candra, dan 32 buah lebih banyak daripada yang diterima Doni. Jadi, banyaknya jeruk yang diterima oleh Ahmad adalah:... .
A. 73
B. 63
C. 53
D. 43
Kunci : C. 53
Petunjuk !
1. dari wacana diatas, jika dimisalkan Ahmad = A, Bahtiar = B, Candra = C, dan Doni = D, maka akan dipeoleh 4 buah persamaan yaitu
A+B+C+D=144
A= B + 10
A= C + 26
A= D + 32

2. dari keempat persamaan diatas, maka dengan metode substitusi dan kombinasi diperoleh nilai A.


--- Soal No 15 ---
Pada sebuah kantor, jumlah kasus yang harus diselesaikan setiap hari dibagi rata diantara $p$ pegawai. Jika $\frac{1}{8}$ pegawai tidak masuk dan seluruh kasus dibagi rata diantara pegawai yang masuk, maka kenaikan beban bagi setiap pegawai dihitung dari beban masing-masing semula $( \text {jika semua pegawai masuk} )$ adalah: ... .
A. $\frac{1}{9}$
B. $\frac{1}{8}$
C. $\frac{1}{7}$
D. $\frac{1}{6}$
Kunci : C. $\frac{1}{7}$
Petunjuk !
1. karena $\frac{1}{8}$ maka pegawai yang masuk dapat dicari dengan cara $1-\frac{1}{8}$ yaitu $\frac{7}{8}$
2. karena beban yang akan dibagi adalah $\frac{1}{8}$ kepada jumlah pegawai yang masuk yaitu $\frac{7}{8}$, maka penambahan beban dapat dicari dengan cara $\frac{\text {penambahan kasus}}{\text{banyak pegawai yang masuk}}$


Tidak ada komentar:

Posting Komentar