Cara Mudah Menghafal Rumus Jarak, Kecepatan, Waktu dan Latihan Soal


Jarak, Kecepatan dan waktu merupakan 3 hal yang saling berkaitan. Secara definisi kecepatan adalah perbandingan antara jarak dan waktu, sehingga semakin cepat suatu benda bergerak maka akan semakin pendek waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tertentu.Agar lebih mudah menghafalkan rumus kecepatan jarak dan waktu silahkan resapi konsep berikut.
Kita sering bertanya kepada teman "eh Bro berapa kecepatan motormu saat berankat ke sekolah ?" dan temenmu menjawab "50 km/jam".
dari percakapan itu sebenarnya kita sudah hafal rumus kecepatan, yaitu "km" indentik dengan jarak dan "jam" identik dengan waktu maka karena kecepatan satuan yang sering digunakan adalah km/jam maka dapat diturunkan rumus yaitu $K=\frac{J}{W}$. dan dengan aljabar biasa akan diperoleh 2 rumus yang lain yaitu.
$W=\frac{J}{K}$
$J=K.W$
Jadi dengan mengingat satuan kecepatan dan aljabar biasa kita akan bisa mengingat dan memahami konsep dasar dari kecepatan.

Agar lebih paham mengenai konsep jarak, silahkan pahami contoh soal berikut.

Contoh Soal

Soal No 1
Sebuah mobil melaju dengan kecepatan $x$ km/jam menempuh jarak 400 km dengan waktu 8 jam, maka berapakah nilai dari $x$ adalah ... .
Sebelum menjawab soal, perhatikan dulu satuan dari jawaban $($ biasanya diberikan disoal $)$. Jika dilihat pada soal ini satuan dari $x$ adalah km/jam, maka rumus untuk mencari x adalah jarak/waktu karena km = jarak dan jam = waktu. Sehingga
$ \begin {align} x &= \frac{\text{jarak}}{\text{waktu}} \\ x &= \frac{400}{8} \\ x &= 50 \end {align}$
Jadi nilai $x$ adalah 50

Soal No 2
Sebuah pesawat melaju dengan kecepatan konstan sebesar 150 km/jam, jika pesawat melaju selama 2 jam 30 menit maka berapakah jarak yang mampu ditempuh oleh pesawat tersebut ... .
Sebelum menjawab soal, perhatikan dulu satuan dari jawaban $($ biasanya diberikan disoal $)$. Jika dilihat pada soal ini satuan yang ditanya adalah km sehingga yang ditanya jaraknya. kemudian disoal juga diketahui kecepatan memili satuan km/jam maka
$\text {kecepatan} = \frac{\text {jarak}}{\text {waktu}}$ maka dengan aljabar biasa diperoleh
$\begin {align} \text {jarak} &= \text {kecepatan}.\text {waktu} \\ \text {jarak} &= 150 . 2,5 \\ \text {jarak} &= 375 \end {align}$
maka jarak tempuh kapal adalah 375 km
waktu di soal = $2$ jam $30$ menit = $2$ jam $\frac{30}{60}=2\frac{1}{2} $

Tidak ada komentar:

Posting Komentar