--- Soal No 1 ---
Jika $a=\frac{2+\sqrt{3}}{2-\sqrt{3}}$ dan $b=\frac{2-\sqrt{3}}{2+\sqrt{3}}$ maka nilai $a+b$ adalah … .
A. 0
B. 1
C. 8
D. 10
E. 14
A. 0
B. 1
C. 8
D. 10
E. 14
Kunci : 14
Petunjuk :
1. ingatlah bentuk aljabar $(a \pm b)^2 = a^2 \pm 2ab +b^2$ dan $a^2-b^2 = (a+b)(a-b)$
Petunjuk :
1. ingatlah bentuk aljabar $(a \pm b)^2 = a^2 \pm 2ab +b^2$ dan $a^2-b^2 = (a+b)(a-b)$
--- Soal No 2 ---
Dari huruf S, I, M, A, dan K dapat dibuat 120 kata. jika kata ini disusun secara alfabetik, maka kata "SIMAK" berada pada urutan… .
A. 105
B. 106
C. 107
D. 115
E. 116
A. 105
B. 106
C. 107
D. 115
E. 116
Kunci : C. 107
Petunjuk pengerjaan !
1. Temukan kemungkinan kata secara alfabetik dari huruf A, Sa, SI dn seterusnya dengan konsep kaidah cacah.
2. Jika sudah sampai pada kata SIM maka cari kata SIMAK dan temukan urutan keberapa.
Petunjuk pengerjaan !
1. Temukan kemungkinan kata secara alfabetik dari huruf A, Sa, SI dn seterusnya dengan konsep kaidah cacah.
2. Jika sudah sampai pada kata SIM maka cari kata SIMAK dan temukan urutan keberapa.
--- Soal No 3 ---
Himpunan penyelesaian pertidaksamaan
$4x+y \geq 8$
$3x+4y \leq24$
$x+6y \geq 12$
terletak dalam daerah berbentuk … .
A. garis
B. segitiga
C. segiempat
D. segilima
E. trapesium
$4x+y \geq 8$
$3x+4y \leq24$
$x+6y \geq 12$
terletak dalam daerah berbentuk … .
A. garis
B. segitiga
C. segiempat
D. segilima
E. trapesium
Kunci : segitiga
Petunjuk :
1. ubah tanda pertidaksamaan menjadi tanda persaman dan temukan masing-masing 2 buah titik yang melalui masing-masing pertidaksamaan
2. gambar titik pada kordinat, dan uji daerah penyelesaianya dengan mengambil sembarang titik uji.
Petunjuk :
1. ubah tanda pertidaksamaan menjadi tanda persaman dan temukan masing-masing 2 buah titik yang melalui masing-masing pertidaksamaan
2. gambar titik pada kordinat, dan uji daerah penyelesaianya dengan mengambil sembarang titik uji.
--- Soal No 4 ---
Misal $^{x^2-2x+1}log(x+1)=p$ dan $^{x^2+2x+1}log(x-1)=q$ untuk semua x dalam domain, maka nilai semua pq adalah … .
A. $-4$
B. $-\frac{1}{4}$
C. $\frac{1}{4}$
D. $\frac{1}{2}$
E. $2$
A. $-4$
B. $-\frac{1}{4}$
C. $\frac{1}{4}$
D. $\frac{1}{2}$
E. $2$
Kunci : $\frac{1}{4}$
Petunjuk :
1. ingatlah beberapa sifat logaritma yaitu, $^alogb=\frac{^plogb}{^plogb}$ dan $^alogb^n=n^alogb$
2. dengan sifat pada point 1 sederhanakan bentuk p dan q sehingga ada bentuk yang bisa disederhanakan
Petunjuk :
1. ingatlah beberapa sifat logaritma yaitu, $^alogb=\frac{^plogb}{^plogb}$ dan $^alogb^n=n^alogb$
2. dengan sifat pada point 1 sederhanakan bentuk p dan q sehingga ada bentuk yang bisa disederhanakan
--- Soal No 5 ---
Jika suatu garis lurus yang melalui $(0,-14)$ tidak memotong maupun menyinggung parabola $y=2x^2+5x-12$. Jika m adalah gradiedn garis tersebut maka rentang nilai m adalah … .
A. $m < -9$
B. $m <-1$
C. $-1 < m < 9$
D. $1< m <9$
E. $m >$
A. $m < -9$
B. $m <-1$
C. $-1 < m < 9$
D. $1< m <9$
E. $m >$
Kunci : $1< m <9$
Petunjuk :
1. temukan persamaan garis yang melalui titik $(0,-14)$ dengan rumus $(y-y_1)=m(x-x_1)$ dengan $(x_1,y_1)$ adalah titik yang dilalui dan m adalah gradien.
2. Substitusikan persamaan garis ke kurva dan ingat konsep jika $D > 0$ maka garis memotong di dua titik, jika $D =0 $ maka garis menyinggung kurva, dan jika $D < 0$ maka garis tidak memotong kurva.
Petunjuk :
1. temukan persamaan garis yang melalui titik $(0,-14)$ dengan rumus $(y-y_1)=m(x-x_1)$ dengan $(x_1,y_1)$ adalah titik yang dilalui dan m adalah gradien.
2. Substitusikan persamaan garis ke kurva dan ingat konsep jika $D > 0$ maka garis memotong di dua titik, jika $D =0 $ maka garis menyinggung kurva, dan jika $D < 0$ maka garis tidak memotong kurva.
--- Soal No 6 ---
Misalkan selisih kuadrat akar-akar persamaan $x^2-(2m+4)x+8=0$ sama dengan 20, maka nilai $m^2-4$ adalah … .
A. -9
B. -5
C. 0
D. 5
E. 9
A. -9
B. -5
C. 0
D. 5
E. 9
Kunci : 5
Petunjuk :
1. jika persamaan kuadrat memilili akar $x_1$ dan $x_2$ maka selisih kuadrat yang dimaksud adalah $x_{1}^{2}-x_{2}^{2}$
2. dengan mengingat konsep aljabar seperti soal no 1 dan konsep hubungan akar-akar persamaan kuadarat yang memiliki akar-akar $x_1$ dan $x_2$ adalah $x_1+x_2=-\frac{b}{a}$, $x_1.x_2=\frac{c}{a}$, maka soal dapat diselesaikan.
Petunjuk :
1. jika persamaan kuadrat memilili akar $x_1$ dan $x_2$ maka selisih kuadrat yang dimaksud adalah $x_{1}^{2}-x_{2}^{2}$
2. dengan mengingat konsep aljabar seperti soal no 1 dan konsep hubungan akar-akar persamaan kuadarat yang memiliki akar-akar $x_1$ dan $x_2$ adalah $x_1+x_2=-\frac{b}{a}$, $x_1.x_2=\frac{c}{a}$, maka soal dapat diselesaikan.
--- Soal No 7 ---
Jika daerah yang diarsir membentuk segitiga sama kaki, maka sistem persamaan yang memenuhi adalah … .
A. $x - y \leq0, x + y \geq 2, x \leq3$
B. $x - y \geq0, x + y \geq 2, x \leq3$
C. $x + y \geq0, x - y \geq 2, x \leq3$
D. $x - y \geq0, x + y \geq 2, x \leq3, y \geq 0$
E. $x + y \leq0, x - y \geq 2, x \leq3, y \geq 0$
Kunci : $x + y \geq0, x - y \geq 2, x \leq3$
Petunjuk :
1. temukan semua persamaan garisnya dengan konsep garis
2. uji titik pada daerah penyelesaianya untuk menemukan tanda yang cocok dengan daerah yang diarsir.
Petunjuk :
1. temukan semua persamaan garisnya dengan konsep garis
2. uji titik pada daerah penyelesaianya untuk menemukan tanda yang cocok dengan daerah yang diarsir.
--- Soal No 8 ---
nilai x yang memenuhi pertidaksamaan $\sqrt{x+3} - \sqrt{x-2} < 1$ adalah … .
A. $x \geq -3$
B. $x \geq 2$
C. $x > 4$
D. $x > 6$
E. $x \geq 18$
A. $x \geq -3$
B. $x \geq 2$
C. $x > 4$
D. $x > 6$
E. $x \geq 18$
Kunci : $x > 6$
Petunjuk :
1. pindahkan beberapa bentuk aljabar ke ruas kiri atau kanan agar saat dikuadratkan bentuk akarnya bisa lebih sederhana atau dihilangkan.
2. ingat juga syarat bentuk aljabar di dalam akar harus lebih dari atau sama dengan nol
Petunjuk :
1. pindahkan beberapa bentuk aljabar ke ruas kiri atau kanan agar saat dikuadratkan bentuk akarnya bisa lebih sederhana atau dihilangkan.
2. ingat juga syarat bentuk aljabar di dalam akar harus lebih dari atau sama dengan nol
--- Soal No 9 ---
Jika $B=\begin{pmatrix} 3 & -1 \\-2 & 1 \\\end{pmatrix}$ dan $\left ( BA^{-1} \right )^{-1}=\begin{pmatrix} 2 & 1 \\4 & 3 \\\end{pmatrix}$ maka matriks A = … .
A. $\begin{pmatrix} 4 & -1 \\6 & -1 \\\end{pmatrix}$
B. $\begin{pmatrix} 1 & 1 \\2 & 3 \\\end{pmatrix}$
C. $\begin{pmatrix} 2 & 0 \\0 & 1 \\\end{pmatrix}$
D. $\begin{pmatrix} 4 & 5 \\10 & 13 \\\end{pmatrix}$
E. $\begin{pmatrix} \frac{3}{2} & -\frac{1}{2} \\-2& 1 \\\end{pmatrix}$
A. $\begin{pmatrix} 4 & -1 \\6 & -1 \\\end{pmatrix}$
B. $\begin{pmatrix} 1 & 1 \\2 & 3 \\\end{pmatrix}$
C. $\begin{pmatrix} 2 & 0 \\0 & 1 \\\end{pmatrix}$
D. $\begin{pmatrix} 4 & 5 \\10 & 13 \\\end{pmatrix}$
E. $\begin{pmatrix} \frac{3}{2} & -\frac{1}{2} \\-2& 1 \\\end{pmatrix}$
Kunci : $\begin{pmatrix} 4 & -1 \\6 & -1 \\\end{pmatrix}$
Petunjuk :
1. ingatlah beberapa sifat matriks yaitu $(A.B)^{-1}=A^{-1}.B^{-1}$, $(A^{-1})^{-1}=A$ dan $A^{-1}.A=I$
2. dengan sifat tersebut ubahlah persamaan $\left ( BA^{-1} \right )^{-1}=\begin{pmatrix} 2 & 1 \\4 & 3 \\\end{pmatrix}$ agar menemukan matrisks A saja.
Petunjuk :
1. ingatlah beberapa sifat matriks yaitu $(A.B)^{-1}=A^{-1}.B^{-1}$, $(A^{-1})^{-1}=A$ dan $A^{-1}.A=I$
2. dengan sifat tersebut ubahlah persamaan $\left ( BA^{-1} \right )^{-1}=\begin{pmatrix} 2 & 1 \\4 & 3 \\\end{pmatrix}$ agar menemukan matrisks A saja.
--- Soal No 10 ---
Misalkan $x_1$ bilangan non negatif terkecil dan $x_2$ bilangan non positif terbesar sehingga fungsi $y=4-sin\left ( x-\frac{\pi }{4} \right )$ maksimum maka nilai $x_1 + x_2$ adalah ... .
A. $-\frac{\pi }{4}$
B. $\frac{3\pi }{4}$
C. $-\frac{3\pi }{2}$
D. $-\frac{7\pi }{4}$
E. $-\frac{9\pi }{4}$
A. $-\frac{\pi }{4}$
B. $\frac{3\pi }{4}$
C. $-\frac{3\pi }{2}$
D. $-\frac{7\pi }{4}$
E. $-\frac{9\pi }{4}$
Kunci : $\frac{3\pi }{4}$
Petunjuk :
1. ingatlah konsep bahwa, nilai trigonometri sin dan cos memiliki nilai minimum -1 dan maksimum 1, sehingga dalam permasalahan ini temukan nilai x agar bentuk $sin\left ( x-\frac{\pi }{4} \right )$ minimum atau maksimum.
Petunjuk :
1. ingatlah konsep bahwa, nilai trigonometri sin dan cos memiliki nilai minimum -1 dan maksimum 1, sehingga dalam permasalahan ini temukan nilai x agar bentuk $sin\left ( x-\frac{\pi }{4} \right )$ minimum atau maksimum.
--- Soal No 11 ---
diketahui sistem persamaan :
$\left\{\begin{matrix} y + \frac{2}{x +z}=4\\5y+\frac{18}{2x+y+z}=18\\\frac{8}{x+z}-\frac{6}{2x+y+z}=3\end{matrix}\right. $
maka nilai dari $y + \sqrt{x^2-2xz+z^2}$ adalah … .
A. 3
B. 5
C. 7
D. 9
E. 10
$\left\{\begin{matrix} y + \frac{2}{x +z}=4\\5y+\frac{18}{2x+y+z}=18\\\frac{8}{x+z}-\frac{6}{2x+y+z}=3\end{matrix}\right. $
maka nilai dari $y + \sqrt{x^2-2xz+z^2}$ adalah … .
A. 3
B. 5
C. 7
D. 9
E. 10
Kunci : A. 3
Petunjuk pengerjaan !
1. Misalkan bentuk $\frac{1}{x+z}$ dan $\frac{1}{2x+y+z}$ sebuah varisbel lain sehingga ditemukan bentuk persamaan yang lebih sederhana
2. Selesaikan dengan konsep eliminasi dan substitusi.
Petunjuk pengerjaan !
1. Misalkan bentuk $\frac{1}{x+z}$ dan $\frac{1}{2x+y+z}$ sebuah varisbel lain sehingga ditemukan bentuk persamaan yang lebih sederhana
2. Selesaikan dengan konsep eliminasi dan substitusi.
--- Soal No 12 ---
$f^{-1}$ dan $g^{-1}$ berturut-turut menyatakan inverse fungsi $f$ da $g$. Jika $(f^{-1}og^{-1})(x) = 2x - 4$ dan $g(x)=\frac{x-3}{2x+1}$ maka nilai $f(2)$ = … .
A. $-\frac{5}{4}$
B. $-\frac{6}{5}$
C. $-\frac{4}{5}$
D. $-\frac{6}{7}$
E. $0$
A. $-\frac{5}{4}$
B. $-\frac{6}{5}$
C. $-\frac{4}{5}$
D. $-\frac{6}{7}$
E. $0$
Kunci : $-\frac{6}{5}$
Petunjuk :
1. ingatlah beberapa konsep fungsi $(f^{-1}og^{-1})(x)=(fog)^{-1}(x)$ dan jika $y=f^{-1}(x)$ maka $f(y)=x$
2. gunakan kosep tersebut untuk memodifikasi bentuk-bentuk pada soal.
Petunjuk :
1. ingatlah beberapa konsep fungsi $(f^{-1}og^{-1})(x)=(fog)^{-1}(x)$ dan jika $y=f^{-1}(x)$ maka $f(y)=x$
2. gunakan kosep tersebut untuk memodifikasi bentuk-bentuk pada soal.
--- Soal No 13 ---
Pada suatu hari dilakukan pengamatan terhadap virus-virus tertentu yang berkembang membelah diri menjadi 2. Pada awal pengamatan terdapat 2 virus. pembelahan terjadi setiap 24 jam. Jika setiap 3 hari, seperempat dari virus dibunuh, maka banyak virus setalah 1 minggu pertama adalah … .
A. 24
B. 36
C. 48
D. 64
E. 72
A. 24
B. 36
C. 48
D. 64
E. 72
Kunci : 72
Petunjuk pengerjaan !
1. Hitung nilai visrus secara manual dengan memperhatikan aturan pada soal.
Petunjuk pengerjaan !
1. Hitung nilai visrus secara manual dengan memperhatikan aturan pada soal.
--- Soal No 14 ---
Luas persegi panjang terbesar yang dibuat dalam daerah yang dibatasi kurva $y=\frac{1}{2}x^{2}$ dan garis $y=6$ adalah … .
A. 20 satuan luas
B. 16 satuan luas
C. $8\sqrt{2}$ satuan luas
D. 8 satuan luas
E. $4\sqrt{2}$ satuan luas
A. 20 satuan luas
B. 16 satuan luas
C. $8\sqrt{2}$ satuan luas
D. 8 satuan luas
E. $4\sqrt{2}$ satuan luas
Kunci : 16 satuan luas
Petunjuk :
1. ingatlah bahwa, suatu fungsi $f(x)$ akan maksimum saat $f'(x) =0$, maka temukanlah fungsi yang memuat luas persegi panjang dalam kurva tersebut.
2. buatlah fungsi dalam 1 variabel dengan memanfaatkan hubungan kurva dan sisi persegi panjang yang dibentuk.
Petunjuk :
1. ingatlah bahwa, suatu fungsi $f(x)$ akan maksimum saat $f'(x) =0$, maka temukanlah fungsi yang memuat luas persegi panjang dalam kurva tersebut.
2. buatlah fungsi dalam 1 variabel dengan memanfaatkan hubungan kurva dan sisi persegi panjang yang dibentuk.
--- Soal No 15 ---
Jika diketahui $P= \begin{pmatrix} 2& 1 \\3 & 3 \\\end{pmatrix}$ dan $Q=\begin{pmatrix} -1 & -2 \\1 & 0 \\\end{pmatrix}$ dan determinan matriks PQ adalah k. Jika garis $2x-y=4$ dan $3x-2y=5$ berpotongan di titik A, maka persamaan garis yang melalui A dengan gradien sebesar k adalah … .
A. $6x + y - 20 =0$
B. $2x -3y - 6 =0$
C. $3x - 2y -4 =0$
D. $x-6y+16=0$
E. $6x-y-16=0$
A. $6x + y - 20 =0$
B. $2x -3y - 6 =0$
C. $3x - 2y -4 =0$
D. $x-6y+16=0$
E. $6x-y-16=0$
Kunci : $6x-y-16=0$
Petunjuk :
1. Ingatlah konsep perkalian matriks dimana jika $\begin{pmatrix} a&b \\ c&d \\\end{pmatrix}.\begin{pmatrix}e & f \\ g& h \\\end{pmatrix}=\begin{pmatrix}a.e+b.g &a.f+b.h \\c.e+d.g &c.f+c.h \\\end{pmatrix}$ dan jika $A=\begin{pmatrix} a&b \\ c&d \\\end{pmatrix}$ maka DetA = ad - bc.
2. menemukan titik potong dua garis dapat dilakukan dengan cara eliminasi atau substitusi persamaan.
3. ingatlah, jika membuat persamaan garis lurus, maka temukan sebuah titik $(x_1,y_1)$ dan gradien m dari informasi di soal, maka persamaan garis lurusnya diperoleh dengan cara $y-y_1=m(x-x_1)$
Petunjuk :
1. Ingatlah konsep perkalian matriks dimana jika $\begin{pmatrix} a&b \\ c&d \\\end{pmatrix}.\begin{pmatrix}e & f \\ g& h \\\end{pmatrix}=\begin{pmatrix}a.e+b.g &a.f+b.h \\c.e+d.g &c.f+c.h \\\end{pmatrix}$ dan jika $A=\begin{pmatrix} a&b \\ c&d \\\end{pmatrix}$ maka DetA = ad - bc.
2. menemukan titik potong dua garis dapat dilakukan dengan cara eliminasi atau substitusi persamaan.
3. ingatlah, jika membuat persamaan garis lurus, maka temukan sebuah titik $(x_1,y_1)$ dan gradien m dari informasi di soal, maka persamaan garis lurusnya diperoleh dengan cara $y-y_1=m(x-x_1)$
--- Soal No 16 ---
Jika bilangan ganjil dikelompokan $(1), (3,5), (7,9,11), (13,15,17,19),...$ maka suku tengah kelompok ke 17 adalah … .
A. 9
B. 81
C. 136
D. 145
E. 289
A. 9
B. 81
C. 136
D. 145
E. 289
Kunci : 289
Petunjuk :
1. jika dperhatikan nilai tengah setiap kelompok adalah nilai kuadrat posisi kelompoknya.
2. Selain menggunakan cara no 1, dapat juga ditemukan dengan konsep barisan aritmatika dimana suku ke n dapat ditemukan dengan cara $Un=a+(n-1)b$ dengan a adalah suku awal, b adalah beda dan n adalah banyak suku yang dicari.
Petunjuk :
1. jika dperhatikan nilai tengah setiap kelompok adalah nilai kuadrat posisi kelompoknya.
2. Selain menggunakan cara no 1, dapat juga ditemukan dengan konsep barisan aritmatika dimana suku ke n dapat ditemukan dengan cara $Un=a+(n-1)b$ dengan a adalah suku awal, b adalah beda dan n adalah banyak suku yang dicari.
--- Soal No 17 ---
Diketahui jumlah siswa suatu kelas antara 15 sampai dengan 40. $\frac{1}{4}$ dari jumlah siswa tersebut tahu bermain catur. Pada hari rabu , 7 siswa absen karena berpartisipasi dalam lomba matematika. Pada hari itu $\frac{1}{5}$ siswa yang masuk tahu cara bermain catur. maka jumlah siswa yang masuk di hari rabu dan tahu main catur adalah … .
A. 3
B. 4
C. 5
D. 8
E. 10
A. 3
B. 4
C. 5
D. 8
E. 10
Kunci : 5
Petunjuk :
1. Temukan persamaan yang memuat informasi pada tabel.
2. selain cara 1 dapat juga ditemukan semua kemungkinan dan pilih kemungkinan yang paling sesuai.
Petunjuk :
1. Temukan persamaan yang memuat informasi pada tabel.
2. selain cara 1 dapat juga ditemukan semua kemungkinan dan pilih kemungkinan yang paling sesuai.
--- Soal No 18 ---
Jika pada segitiga ABC besar sudut ABC adalah 60 derajat dengan panjang sisi AC adalah 8cm, maka luas lingkaran luas segitiga ABC sama dengan … .
A. $64 \pi$ cm$^2$
B. $32 \pi$ cm$^2$
C. $\frac{196}{3} \pi$ cm$^2$
D. $\frac{64}{3} \pi$ cm$^2$
E. $\frac{32}{3} \pi$ cm$^2$
A. $64 \pi$ cm$^2$
B. $32 \pi$ cm$^2$
C. $\frac{196}{3} \pi$ cm$^2$
D. $\frac{64}{3} \pi$ cm$^2$
E. $\frac{32}{3} \pi$ cm$^2$
Kunci : $\frac{64}{3} \pi$ cm$^2$
Petunjuk :
1. ingatlah pada segitiga ABC, jika a = AC dan sudut ABC adalah b maka panjang jari-jari lingkaran luar segitiga ABC adalah $r=\frac{a}{sinb}$
2. jika jari-jari ada, maka luas lingkaran dapat dengan mudah ditemukan.
Petunjuk :
1. ingatlah pada segitiga ABC, jika a = AC dan sudut ABC adalah b maka panjang jari-jari lingkaran luar segitiga ABC adalah $r=\frac{a}{sinb}$
2. jika jari-jari ada, maka luas lingkaran dapat dengan mudah ditemukan.
--- Soal No 19 ---
Tersedia 15 kunci berbeda dan hanya terdapat 1 kunci yang dapat digunakan untuk membuka sebuah pintu. Kunci diabil secara satu per satu tanpa pengembalian. Peluang kunci yang terambil dapat digunakan untuk membuka pintu pada pengambilan ketiga adalah … .
A. $\frac{1}{15}$
B. $\frac{1}{15}.\frac{1}{14}.\frac{1}{13}$
C. $\frac{3}{15}$
D. $\frac{14}{15}$
E. $\frac{13}{15}$
A. $\frac{1}{15}$
B. $\frac{1}{15}.\frac{1}{14}.\frac{1}{13}$
C. $\frac{3}{15}$
D. $\frac{14}{15}$
E. $\frac{13}{15}$
Kunci : $\frac{1}{15}$
Petunjuk :
1. karena ada 1 kunci cocok dan 14 kunci cocok, maka dengan kosep peluang biasa nilai peluang pada pengambilan 1, 2 dan 3 dpat ditemukan, dan hasil akhirnya dapat ditemukan dengan mengalikan semua kemungkinan.
Petunjuk :
1. karena ada 1 kunci cocok dan 14 kunci cocok, maka dengan kosep peluang biasa nilai peluang pada pengambilan 1, 2 dan 3 dpat ditemukan, dan hasil akhirnya dapat ditemukan dengan mengalikan semua kemungkinan.
--- Soal No 20 ---
Jika kurva $y=(x^2-a)(2x+b)^3$ turun pada interval $-1 < x < \frac{2}{5}$ maka nilai ab adalah… .
A. 3
B. 2
C. 1
D. -2
E. -3
A. 3
B. 2
C. 1
D. -2
E. -3
Kunci : 2
Petunjuk pengerjaan !
1. Ingatlah, jika $f(x)=u.v$ maka $f’(x)=u’v+v’u$
2. Ingat pula bentuk aturan rantai, dimana jika $f(x)=(f(x))^n$ maka $f’(x)=n.(f(x))^{n-1}.f’(x)$
Petunjuk pengerjaan !
1. Ingatlah, jika $f(x)=u.v$ maka $f’(x)=u’v+v’u$
2. Ingat pula bentuk aturan rantai, dimana jika $f(x)=(f(x))^n$ maka $f’(x)=n.(f(x))^{n-1}.f’(x)$
Tidak ada komentar:
Posting Komentar