Luas Segitiga


Dalam pembelajaran bangun datar khususnya segitiga ada banyak sekali hal yang dapat kita bahas salah satunya adalah kaitan luas segitiga dengan sudut yang dibentuk oleh sisi-sisinya. Jika dikombinasika antara trigonometri, luas segitiga dengan sisi di dalam segitiga maka akan diperoleh bahwa luas segtiga diperoleh dengan cara setengah hasil kali sisi pengapit, dikalikan sinus sudut pengapitnya. Hal ini akan sangat membantu kita dalam menghitung luas segitiga tanpa menemukan tinggi dari suatu segitiga. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Luas Segitiga
Jika diketahui Sebuah segitiga seperti pada gambar,

Maka luas segitiga diatas dapat dihitung dengan cara
1. $L\Delta =\frac{1}{2}.a.c.sin \beta$
2. $L\Delta =\frac{1}{2}.a.b.sin \Theta$
3. $L\Delta =\frac{1}{2}.b.c.sin \alpha$



Untuk lebih memperdalam pemahamam mengenai materi diatas, berikut disajikan beberapa contoh dan latihan soal yang bisa dicoba. Silahkan coba sediri terlebih dulu setiap permasalahan yang diberikan sebelum melihat dan memahami pembahasanya. Sehingga jika sudah memahaminya bisa mengerjakan latihan soal secara mandiri.

Contoh Soal

Soal No 1
Jika diketahui sebuah segitiga ABC denan panjang sisi AB dan AC masing-masing adalah 20 dan 8, jika sudut yang dibentuk oleh sisi AB dan AC adalah 30 derajat, maka berapakah luas segitiga tersebut ... .
Langkah awal
$\begin{align*} &=) \\ &= \\ \end{align*}$


Tidak ada komentar:

Posting Komentar