Korelasi Product Moment | Analisis Korelasi


Pada materi sebelumnya kita sudah bisa membuat persamaan garis yang mewakili data pada diagram pencar dengan Metode Kuadrat Terkecil, Nah sekaranf masalahnya apakah data yang kita analiss memiliki hubungan yang kuat, lemah atau tidak memiliki hubungan sama sekali. Untuk melihat hubungannya tersebut dapat menggunakan Analisis Korelasi Product Moment yang mana akan ada suatu nilai tertentu $(r)$ yang nantinya akan menjadi acuan dalam menentukan korelasi data yang kita miliki.

Dalam menentukan nilai $r$ hampir sama dengan menentukan persamaan garis regresi, hanya menemukan Analisis Korelasi Product Moment hanya perlu 1 rumus saja. Nah bagaimanakah rumus dan bagaimana cara menentukan korelasi data yang kita miliki silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Korelasi Product Moment
Korelasi Product Moment adalah suatu nilai yang digunakan untuk menentukan korelasi atauhubungan antar variabel yang kita miliki. Berikut adalah cara menemukan nilai Korelasi Product Moment suatu data $(r)$.
Temukan nilai $r$ dengan cara $r=\frac{SS_{xy}}{\sqrt{SS_{xx}.SS_{yy}}}$, dimana
$SS_{xy}=\sum (x-\bar{x})(y-\bar{y})$
$SS_{xx}=\sum (x-\bar{x})(x-\bar{x})$
$SS_{yy}=\sum (y-\bar{y})(y-\bar{y})$
Setelah menemukan nilai r, maka korelasi antar variabel yang ada dapat ditentukan sesuai dengan tabel berikut.
Keterangan
$SS_{xy}$=Sum of Square dari data $x$ dan $y$
$SS_{xy}$=Sum of Square dari data $x$ dan $x$
$SS_{xy}$=Sum of Square dari data $y$ dan $y$
$ \bar{x}$=rata-rata data $x$
$ \bar{y}$=rata-rata data $y$


Untuk lebih memahami mengenai materi diatas, silahkan simak penjelasan video berikut.


Untuk memahami lebih jauh memahami materi diatas, berikut disajikan beberapa contoh soal yang dapat digunakan sebagai latihan agar lebih paham mengenai materi Korelasi Product Moment.

--- Soal No 1 ---
Coba sajikan data berikut ke dalam diagram pencar kemudian Temukan Nilai Korelasi Product Momentnya dan tentukan korelasi antar variabel sesuai dengan tabel diatas.
Sesuai dengan definisi akan diperoleh

$ \begin{align*} &= \\ \end{align*} $

Tidak ada komentar:

Posting Komentar