Perbedaan Analisis Univariat dan Analisis Bivariat


Hal mendasar yang harus dipahami dalam ilmu statistik adalah pemahaman mengenai hal-hal yang berkaitan dengan analisis data yang mana setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga perlu analisis lanjutan terkait data apa yang akan kita teliti.
 
Pada pembelajaran kali ini akan dibahas metode analisi data Univariat dan Bivariat. dari kata depannya saja sudah bisa diperkirakan dimana Uni memili arti tunggal dan bi memiliki arti doble atau berpasangan.

Analisis Univariat
sebelum menyimpulkan apa itu analisa univariat, berikut ada beberapa ahli yang mendefinisikan apa itu analisa univariat
1. William G. Zikmund dan Barry J. Babin dalam buku “Exploring Marketing Research”, analisis univariat digunakan untuk menjelaskan, merangkum, dan menggambarkan karakteristik suatu variabel,
2. Richard L. Scheaffer, et al. dalam buku “Elementary Survey Sampling”, analisis univariat dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola dalam data,
3. David C. Howell dalam buku “Statistical Methods for Psychology”, analisis univariat dan analisis bivariat merupakan dua jenis analisis yang saling melengkapi dan seringkali digunakan bersama-sama dalam penelitian.

Sehingga dari pendapat ahli diatas dapat disimpulkan bahwa analisa Univariat adalah analisa yang digunakan untuk melihat pola dalam data serta hal lain dari sebuah data tunggal yang sangat diperlukan untuk analisis data lanjutan

Analisis Bivariat
sebelum menyimpulkan apa itu analisa biivariat, berikut ada beberapa ahli yang mendefinisikan apa itu analisa bivariat
1. Menurut Guilford (1965), analisis bivariat adalah suatu teknik statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dalam sampel yang telah diambil.
2. Kim dan Mueller (1978), analisis bivariat adalah suatu teknik statistik yang digunakan untuk mengukur hubungan antara dua variabel dan mempelajari pengaruh satu variabel terhadap variabel lainnya.
3. Hair et al. (2010), analisis bivariat adalah teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dengan melihat nilai korelasi antara variabel tersebut.

Sehingga melalui pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa analisa bivariat adalah analisa dalam statistika yang bertujuan untuk melihat hubungan dari dua buah data serta seberapa kuat hubunganya.


Agar lebih memahami perbedaan kedua analisa diatas, maka cobalah kalian berfikir, hal spesifik apa yang membedakan analisa univariat dan bivariat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar