Penyajian fungsi : Diagram panah, Pasangan Berurutan, Kordinat kartesius, Melihat perbedaan fungsi dan bukan fungsi


Secara umum fungsi dapat disajikan dalam 3 bentuk yaitu diagram panah, Kordinat kartesius dan pasangan berurutan. Nah, untuk lebih jelasnya perhatikan contoh fungsi berikut.
Diketahui himpunan $A={1,2,3,4,5,6}$ dan $B={-1,0,1,2,3,4,6}$ maka sajikan fungsi 1 kurangnya dari himpunan A ke himpunan B ke dalam bentuk diagram panah, kordinat kartesius dan pasangan berurutan

Jika susah dalam memahami penjelasannya, berikut disediakan video pembahasan singkatnya.

sebelum disajikan ke dalam penyajian yang diminta oleh soal, terlebih dahulu temukan pasangan-pasangan sesuai dengan aturan yang diberikan yaitu fungsi 1 kurangnya dari himpunan A ke himpunan B. sehingga lihat anggota domainya yaitu himpunan A, dan berikan aturan pada setiap anggotanya.
anggota yang 1 kurangnya dari 1 adalah 0
anggota yang 1 kurangnya dari 2 adalah 1
anggota yang 1 kurangnya dari 3 adalah 2
anggota yang 1 kurangnya dari 4 adalah 3
anggota yang 1 kurangnya dari 5 adalah 4
anggota yang 1 kurangnya dari 6 adalah 5
Setelah semua pasangan dari anggota domain ditemukan, maka fungsi dalam bentuk diagram panah, kordinat kartesius dan pasangan berurutan dapat disajikan seperti berikut.

Untuk menggambar diagram panahnya sesuai pada gambar 1, maka buatlah 2 buah bulatan yang mewaliki domian dan kodomain kemudian hubungkan dengan panah-panah.

Untuk menggambar kordinat kartesius sesuai gambar 2, maka sumbu x akan berlaku sebagai domain dan sumbu y akan berlaku sebagai kodomainnya, sehingga buatlah garis putus-putus sebagai garis bantu yang menghubungkan anggota domain di sumbu x dan anggota kodomain di sumbu y.

untuk membuat pasangan berurutan sesuai gambar 3, maka hanya perlu dibuat $($ domain, range $)$

Di dalam ujian atau penilaian tentang penyajian fungsi, siswa akan diminta untuk menemukan yang mana fungsi dan bukan fungsi jika suatu relasi disajikan dalam bentuk pasangan berurutan atau dalam bentuk kordinat kartesius. oleh sebab itu untuk lebih memahaminya silahkan simak dan pahami contoh soal berikut.


Contoh Soal

Soal No 1
Perhatikan gambar berikut, manakah dari gambar berikut yang merupakan fungsi, dan mana yang bukan fungsi ... .
untuk melihat fungsi atau bukan dari kordinat kartesius, maka tariklan sebuah garis bantu dari sumbu x atau domainnya, apabila hanya memotong grafik di satu titik maka itu adalah fungsi, namun jika memotong di lebih 2 titik maka itu bukan fungsi. Sesuai langkah tersebut akan diperoleh.


gambar 1.1 fungsi karena jika ditarik garis bantu hanya memotong di satu titik
Gambar 1.2 : Bukan Fungsi, karena garis bantu memotong di dua titik

Soal No 2
Apakah pasangan berurutan $(2,3), (3,2), (2,1), (4,2), (5,2)$ adalah sebuah fungsi ... .
Tidak, karena jika dilihat domainya $($ disebelah kiri $)$ maka ada sebuah anggota domain yang memiliki 2 pasangan yaitu $(2,3)$ dan $(2,1)$. Untuk lebih jelasnya sajikan pasangan berurutan berikut ke dalam bentuk diagram panah ataupun kordinat kartesius.

Soal No 3
Apakah pasangan berurutan $(-3,1), (0,2), (2,-1), (3,1), (5,1)$ adalah sebuah fungsi ... .
ia, karena semua anggota domain memiliki 1 pasangan di anggota kodomain, walaupun ada anggota kodomain yang memiliki pasangan lebih dari 1.


Jika konten ini bermanfaat silahkan share ke teman yang membutuhkan lewat tombol dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar