Perbandingan Senilai : Pengertian, Cara Menghitung, Teknik Cepat, Contoh Soal dan Latihan Soal


Sebelum memahami lebih jauh tentang materi perbandingan Senilai, coba simak permasalahan berikut:
Pada suatu hari Senin Pak Budi membeli 2 permen dengan harga Rp 500 untuk kedua permen tersebut. Disaat bersamaan Pak Adi akan membeli permen jenis yang sama di toko yang sama pula dan ia membawa uang Rp 3.000, Apakah :
a. Pak Adi akan mendapat permen lebih banyak dari Pak Budi
b. Pak Adi akan mendapat permen yang sama banyaknya dengan Pak Budi
c. Pak Adi akan mendapat permen lebih sedikit dari Pak Budi

Apabila diperhatikan dalam masalah tersebut ada 2 komponen yang saling terkait yaitu permen dan harga permen. Untuk membeli 2 permen memerlukan uang Rp 500, Apabila ada seseorang yang akan membeli sebuah permen maka harganya pastilah dibawah Rp 500. Sehingga jika dilihat kembali ke permasalahanya Pak Adi akan memperoleh jumlah permen yang lebih banyak dari pak Budi karena uang Pak Adi lebih banyak. Masalah inilah yang disebut dengan perbandingan Senilai

Dari Ilustrasi diatas dapat disimpulkan bawha perbandingan Senilai adalah perbandingan yang meilbatkan 2 komponen atau lebih yang mengalami kondisi yang sama $($ sama-sama meningkat atau sama sama menurun $)$. untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh soal berikut.

Contoh Soal

Soal No 1
Harga 12 buah semangka di Melajah Mart adalah Rp 60.000. Jika Pak Agung membawa uang sebanyak Rp 120.000 dan semua uangnya akan dibelikan buah semangka. Berapakah banyak buah semangka yang ia peroleh.
Sebelum menjawab soal, buatlah tabel yang mewakili setiap komponen di dalam soal. Sesuai soal no 1 ada 2 komponen dan misalkan $x$ adalah banyak semangka yang diperoleh Pak Agung. Maka bentuk tabelnya adalah sebagai berikut.
Banyak Semangka Harga
12 60.000
x 120.000

Sesuai dengan tabel, Semakin banyak uang maka akan semakin banyak pula semangka yang diperoleh atau jika uang bertambah maka semangka juga akan bertambah $($ tanda sama / sama-sama meningkat $)$. Sehingga untuk menemukan nilai $x$, ubah tabel ke dalam bentuk persamaan seperti berikut, kemudian kalikan silang.
$ \begin{align} \frac{12}{60000} &=\frac{x}{120000} \\ 12 . 120000 &= x . 60000 \\ x &= \frac{12 . 120000}{60000} \\ x &=24 \end{align}$
Jadi banyak semangka yang diperoleh Pak Agung adalah 24 buah



Soal No 2
Dalam waktu 10 hari Pak Agung bisa menyelesaikan 15 jenis ukiran kayu untuk dia jual di pasar Seni Sukawati. Apabila pihak pasar seni menginginkan 60 jenis ukiran kayu, maka berapa waktu yang diperlukan Pak Agung untuk menyelesaikan permintaan pasar ... .
Sebelum menjawab soal, buatlah tabel yang mewakili setiap komponen di dalam soal. Sesuai soal no 2 ada 2 komponen dan misalkan $x$ adalah banyak semangka yang diperoleh Pak Agung. Maka bentuk tabelnya adalah sebagai berikut.
Banyak Jenis Ukiran Hari
15 10
60 x

Sesuai dengan tabel, Semakin banyak jenis ukiran yang dibuat maka akan semakin banyak pula hari yang diperoleh atau jika jenis ukiran bertambah maka banyak hari juga akan bertambah $($ tanda sama / sama-sama meningkat $)$. Sehingga untuk menemukan nilai $x$ ubah tabel ke dalam bentuk persamaan seperti berikut, kemudian kalikan silang.
$ \begin{align} \frac{15}{10} &=\frac{60}{x} \\ 15.x &= 10.60 \\ x &= \frac{10.60}{15} \\ x &=40 \end{align}$
Jadi waktu yang diperlukan pak Agung adalah 40 hari


Langkah Cara Cepat Menyelesaiakan perbandiang senilai

1. Cek komponen yang ada pada soal kemudian masukan ke dalam tabel seperti berikut.
komponen 1 komponen 2
$a$ $b$
$c$ $d$

2. kalikan silang menurut baris tabel yaitu diperoleh $a.d=b.c$


Latihan Soal


Soa No 1
Adi membeli buku dengan harga Rp 36.000 untuk setiap lusinnya. Apabila Adi memiliki uang sebanyak Rp 54.000 maka berapakah banyak buku yang diperoleh Adi ...
A. 8 buah
B. 10 buah
C. 12 buah
D. 16 buah
E. 18 buah

Soal No 2
Pak agung mendapatkan tugas untuk membuat lampion dari hotel Melajah Matematika, Kemampuan pak agung dalam memproduksi lampion hanya 24 buah dalam waktu 2 hari. Apabila pihak hotel memesan lampion sebanyak 360 buah maka berapakah lama waktu yang di perlukan pak Agung memenuhi pesanan dari hotel Melajah Matematika ... .
A. 30 hari
B. 20 hari
C. 24 hari
D. 26 hari
E. 18 hari

Soal No 3
Dalam sebuah perlombaan menganyam ketupat Bu Lis mampu mengayam 12 ketupat dalam waktu 15 menit. apabila perlombaan berlangsung selama 1 jam dan yang berhak menuju babak final adalah peserta yang mampu menganyam ketupat lebih dari 43 buah. Apakah bu lis bisa lolos ke babak final apabila kecepatan menganyamnya tetap ... .
A. lolos, dengan menyisahkan waktu lebih dari 5 menit
B. lolos, dengan tepat waktu
C. tidak lolos, karena kekurangan waktu
D. lolos, dengan menysahkan waktu pas 5 menit
E. lolos dengan menyisahkan waktu kurang dari 5 menit

Soal No 4
Adi adalah seorang kuli bangunan yang mampu mengecat tembok seluas $4 m^2$ selama 1 jam, apabila adi diminta unutk mengecat sebuah ruangan dengan ukuran 4 x 4 meter maka berapakah waktu yang dibutuhkan Adi ... .
A. 2 jam
B. 4 jam
C. 6 jam
D. 5 jam
E. 8 jam

Soal No 5
Untuk satu botol sari minuman dapat dibuat 80 gelas jika dicampur dengan beberapa bagian air. Apabila akan dibuat 120 gelas minnuman, maka berapa banyak sari minuman yang dibutuhkan ... .
A. 1,2 sari minuman
B. 1,3 sari minuman
C. 1,5 sari minuman
D. 1,6 sari minuman
E. 2 sari minuman

untuk mengakses kunci jawaban soal diatas silahkan masukan password pada kotak dibawah ini.
Masukkan Password Untuk Mengakses Halaman ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar