Ads block

Banner 728x90px

Soal Olimpiade Tipe II


Berikut Link untuk mendownload soal Olimpiade Tipe 1, Berikut juga disertakan kunci dan trik (petunjuk) dalam menyelesaikan soalnya, apabila petunjuknya belum dapat di pahami pembahasan soal bida dilihat dengan klik tombil lihat pembahasan. 

--- Soal No 1 ---
Urutkan bilangan 24444, 32222 dan 43333 dari terkecil hingga paling besar ... .

jadikan pangkat bilangan sama dengan konsep bilangan berpangkat. segingga jika
$2^{11}$ berbanding $3^{11}$
jelas akan lebih kecil $2^{11}$

dengan konsep tersebut akan ditemukan urutan bilangan dari kecil ke besar.

--- Soal No 2 ---
Sembilan lingkaran kongruen tepat berada di dalam persegi yang terlihat seperti pada gambar. Jika keliling sebuah lingkaran 62,8 cm dengan π = 3,14. Maka luas daerah yang di arsir adalah ... .

+ Video Pembahasan
perhatikan bentuk daerah yang diarsir
bentuk tersebut merupakan gabungan daerah irisan persegi dan lingkaran. sehingga dengan memperhatikn hubungan tersebut akn diperoleh luas daerah yang diarsir

--- Soal No 3 ---
Diketahui 22x + 2-2x = 2, maka berapakah nilai dari 2x + 2-x ... .

+ Video Pembahasan
cara 1: jika diperhatikan antara bentuk yang diketahui dan yang ditanya memiliki hubungan apabila bentuk yang diketahui diubah ke bentuk aljabar $(a+b)(a-b)=a^{2}-b^{2}$ sehingga jika diubah akan ditemukan bentuk yang ditanyakan

cara 2 : atau bisa juga diubah ke bentuk $ax^{2}+bx+c=0$ sehingga akan ditemukan nilai x nya.

--- Soal No 4 ---

Jika di definikisika bahwa n! = n.(n-1).(n-2). ... 1 maka tentukanlah nilai satuan dari penjumlahan 1! + 2! + 3! + ... + 2021! 

temukan nilai dari 1!, 2!, 3!, 4! dan seterusnya kemudian perhatikan satuannya akan membentuk bilangan yang selalu memiliki satuan 0.

--- Soal No 5 ---
Jika suatu jam dinding selalu terlambat 5 menit setiap jamnya. Jika saat ini jam dinding tersebut menunjukan pukul yang sama, jam dinding tersebut akan menunjukan waktu yang tepat setelah ... jam

+ Video Pembahasan
Buatlah simulasi jam yang menunjukan waktu yang tepat dan jam yang menunjukan waktu yang lambat. kemudian temukan selisih waktu yang diperlukan jam yang lambat untuk bisa menunjukan jam yang tepat.


--- Soal No 6 ---
Jika x1, x2, x3, ... memenuhi x1 + x2 + x3 + ... xn = n3, untuk semua n bilangan asli, maka nilai x100 = ... .

1. Temukan deret yang memenuhi syaratnya, dimana jumlah deretnya adalah bilangan pangkat 3.

2. kemudian cari nilai Un dengan menggunakan konsep pola bilangan.

3. ingat konsep dasar pola bilangan untuk menyelesaikannya.

--- Soal No 7 ---
Jika $(3 + 4)(3^{2} + 4^{2})(3^{4} + 4^{4})(3^{8}+4^{8})(3^{16}+4^{16})(3^{32}+4^{32})= (4^{x}-3^{y})$

1. ubahlan bentuk soal disebelh kiri menjadi bntuk $4^{x}-3^{y}$ dengan menggunakan konsep aljabar $(a+b)(a-b)=(a^{2}-b^{2})$. dimana bentuk pada soal bisa dikalikan $1$ dengan mengambil $1 = (4 - 3)$ sehingga bentuk $(4 - 3)$ akan menghilangkan bentuk pangkat selanjutnya dengan menggunakan konsep aljabar diatas.

--- Soal No 8 ---
Nilai jumlahan bilangan berikut adalah 1– 22 + 32 – 42 + 52 -  ... +20212

+ Video Pembahasan
Perhatikan bentik $(1^{2}-2^{2})$ pada soal dapat diubah ke bentuk $(a + b)(b - a) = a^{2} - b^{2}$. Sehingga dengan mengubahnya akan menghilangkan bentuk disebelah kananya seperti efek domino.

--- Soal No 9 ---
ABCD adalah sebuah persegi dengan panjang sisi 2 cm. Jika titik E dan F masing – masing di tengah – tengah AD dan DC. Tentukan luas EDFGH.
Mencari luas daerah dari bangun datar dapat menggunakan banyak cara tergantung bagaimana kita melihat hubungan bangun datar yang diketahui dengan bangun datar yang ditanyakan.

Dalam soal ini, luas EFDGH bisa dicari dengan mencari selisih layang layang dengan segita.

--- Soal No 10 ---
Tentukan bentuk yang paling sederhana dari bentuk
$\sqrt{54+14\sqrt{5}}+\sqrt{12-2\sqrt{35}}+\sqrt{32-10\sqrt{7}}$

+ Video Pembahasan
Gunakan sifat dari merasionalkan bilangan bentuk $\sqrt{(a+b)+2.\sqrt{ab}}= \sqrt{a}+\sqrt{b}$

Tidak ada komentar:

Posting Komentar